Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018 (Bahasa Indonesia), Soal & Pembahasannya

Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018 (Bahasa Indonesia), Soal & Pembahasannya

Halo sahabat LesPrivatSBMPTN!

 

Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018 adalah tipe soal yang harus dihadapi oleh banyak siswa. Salah satu mata pelajaran yang diuji dalam Simak UI adalah Bahasa Indonesia. Penguasaan Bahasa Indonesia menjadi kunci utama untuk meraih keberhasilan dalam ujian ini. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa topik dan jenis soal Bahasa Indonesia yang sering muncul dalam Simak UI, serta tips untuk mempersiapkan diri secara efektif.

Baca juga: bimbel sbmptn 

 

Jenis Soal yang Sering Muncul

Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018 (Bahasa Indonesia), Soal & Pembahasannya

Sumber: Freepik

Simak jenis-jenis Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018 yang sering muncul:

1. Pemahaman Teks

Soal ini menguji kemampuan pemahaman siswa terhadap teks, baik teks fiksi maupun non-fiksi. Siswa diharapkan mampu menganalisis isi teks, menemukan informasi tertentu, dan menyimpulkan ide pokok teks.

2. Kesalahan Berbahasa

Soal ini menguji pemahaman tata bahasa dan kaidah penulisan Bahasa Indonesia. Siswa akan diminta untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam suatu kalimat.

3. Esai

Soal esai seringkali mengharuskan siswa menulis pendapat atau analisis terhadap suatu topik tertentu. Kemampuan menyusun argumen dan menggunakan kosakata yang baik menjadi kunci keberhasilan dalam soal ini.

Baca juga: bimbel utbk 

 

Tips menghadapi soal yang sulit

Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018 (Bahasa Indonesia), Soal & Pembahasannya

Sumber: Freepik

Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) merupakan salah satu ujian yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Bagi banyak calon mahasiswa, menghadapi soal Bahasa Indonesia di SIMAK UI bisa menjadi ujian tersendiri. Namun, ketika menemui kesulitan dalam menjawab soal-soal Bahasa Indonesia, beberapa sikap perlu dilakukan untuk tetap tenang dan mengatasi situasi tersebut dengan efektif.

1. Analisis Soal dengan Seksama

Sikap pertama yang perlu diambil adalah melakukan analisis mendalam terhadap soal. Identifikasi unsur-unsur kunci dalam pertanyaan, seperti kata kunci, konsep utama, dan instruksi yang terkandung dalam soal. Pembacaan yang teliti dapat membantu Anda memahami esensi pertanyaan dan meminimalkan risiko kesalahan interpretasi.

2. Menggunakan Konteks dan Pengetahuan Umum

Saat menghadapi soal yang mungkin tampak sulit, jangan ragu untuk menggunakan pengetahuan umum dan konteks. Hubungkan informasi yang ada dengan pengetahuan yang telah Anda pelajari sebelumnya. Ini dapat membantu Anda menciptakan pemahaman lebih baik terhadap pertanyaan dan memberikan jawaban yang lebih tepat.

Baca juga :   Litosfer: Dasar Penting Memahami Dinamika Bumi, Contoh Soal & Pembahasan | SIMAK UI SOSHUM

3. Hindari Panik dan Tetap Tenang

Meskipun tampak sederhana, tetap tenang merupakan sikap kunci saat menghadapi kesulitan. Panik hanya akan meningkatkan tingkat stres dan mengurangi fokus. Berikan diri Anda beberapa detik untuk bernapas dan merilekskan pikiran sebelum kembali fokus pada analisis soal.

Baca juga: les privat 

 

Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018

Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018 (Bahasa Indonesia), Soal & Pembahasannya

Sumber: Freepik

Bacan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 16-20.

(1 )Setelah penemuan lukisan tangan tertua di dunia yang berusia sekitar 40.000 tahun, sejumlah peneliti gabungan melacak jejak manusia purba yang berkaitan dengan lukisan tersebut. (2) Para arkeolog dan peneliti melakukan ekskavasi di Leang Bulu Buttue di kawasan karst, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, tak jauh dari tempat penemuan lukisan cadas tertua di dunia pada 2014. (3) Saat ini ribuan artefak batu, tulang binatang, dan beberapa temuan lainnya dalam proses analisis tim arkeologi Indonesia-Australia. (4) “Kami pernah menemukan lukisan atau seni cadas yang berusia 40.000 tahun dan boleh dikatakan sebagai tertua di dunia.

(5) Kami akan mencari manusia yang membuat lukisan ini. (6) Penelitian ini nantinya akan mempunyai nilai penting untuk menjelaskan bentuk-bentuk kehidupan manusia purba yang pernah tinggal di wilayah ini, misalnya kehidupan budaya dan sosial mereka;’ kata Dr. Adam Brumm dari Griffith University, salah satu pemimpin penelitian ini di Maros.

(7) Ekskavasi saat ini, masih berkaitan dengan ekskavasi pada 2013, 2014, dan 2016 di kawasan karst Maros. (8) Penelitian pada 2013-2015 tidak hanya menemukan lukisan tertua yang berusia 40.000 tahun, tetapi juga perhiasan prasejarah yang berusia sekitar 30.000 tahun. (9) Penghuni gua membuat anting-anting dan manik-manik dari tulang dan gigi mamalia darat endemik Sulawesi, seperti babi rusa dan kuskus beruang. (1 0) Ternyata, perhiasan  yang ditemukan di Leang Bulu Buttue adalah temuan pertama di Indonesia sehingga penghuninya mengukir simbol-simbol geometris di atas batu. (1 1) Temuan yang membuat arkeolog optimis akan menemukan penghuni atau manusia yang berkaitan dengan lukisan dan perhiasan itu.

Baca juga :   Syarat SBMPTN dan Jadwal Kegiatan SBMPTN

 

16. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat ….

A. 1

B. 3

C. 7

D. 8

E.9

 

17. Apa gagasan utama pada kalimat (1 )?

A. Lukisan tangan tertua berusia sekitar 40.000 tahun.

B. Penemuan lukisan tangan tertua di dunia

C. Peneliti gabungan melacakjejak manusia purba.

D. Jejak manusia purba berkaitan dengan lukisan tangan tertua.

E. Sejumlah peneliti melacak manusia pencipta lukisan purba.

 

18. Apa inti pesan yang dikemukakan oleh Dr. Adam Brumm pada paragraf 2?

A. Dr. Adam Brumm yakin akan menemukan pembuat lukisan purba yang berusia 40.000 tahun.

B. Lukisan atau seni cadas yang ditemukan Dr. Adam Brumm dapat dipastikan berusia 40.000 tahun.

C. Lukisan yang ditemukan Dr. Adam Brumm adalah lukisan tertua di dunia

D. Dr. Adam Brumm dari Griffith University adalah pemimpin penelitian di Maros

E. Penelitiannya bernilai penting untuk menjelaskan kehidupan sosial-budaya manusia purba.

 

19. Kalimat yang tidak efektif pada bacaan di atas adalah kalimat …

A.4

B.6

C.8

D.9

E.11

 

20. Kata optimis dalam kalimat (1 1) bermakna…

A. ‘berpandangan ke depan’

B. ‘penuh harapan’

C. ‘merasa benar’

D. ‘bercita-cita’

E. ‘sikap yakin’

 

Baca juga:  les privat jakarta 

Pembahasan Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018

Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018 (Bahasa Indonesia), Soal & Pembahasannya

Sumber: Freepik

16. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat terdapat pada kalimat nom or (7) Ekskavasi
saat ini, masih berkaitan dengan ekskavasi pada 2013,2014, dan 2016 di Kawasan karst Maros. Tanda koma (,) seharusnya tidak memisahkan Subjek (Ekskavasi saat ini) dengan Predikat (masih berkaitan dengan) secara langsung.

JAWABAN:C

17. Gagasan pokokadalah inti kalimat yang menjadi dasar pengembangan sebuah kalimat. Selain mencari kalimat utamanya, gagasan pokok juga dapat ditentukan dengan mengidentifikasi setiap unsur dalam kalimat dan mengubah kalimat menjadi bentuk pasif. Gagasan pokok kalimat terletak pada unsur subjek kalimat. Kalimat (1) merupakan jenis kalimat anak kalimat-induk kalimat. Dengan demikian, diketahui Subjek pada kalimat tersebut terdapat pada frase “Peneliti gabungan melacak jejak manusia purba’~ Baru kemudian dikembangkan dengan unsur anak kalimat yaitu, “Setelah penemuan lukisan tangan tertua di dunia yang berusia sekitar 40.000 tahun”

Baca juga :   Matriks dan Transformasi | Matematika SBMPTN

JAWABAN:C 

18. Pesan yang ingin disampaikan oleh Dr. Adam berdasarkan isi paragraf 2 merupakan gagasan utama paragraf terse but. Gaga san utama dapat diketahui dari kalimat utama yang membentuk kalimat-kalimat penjelas berikutnya. Pada paragraf, kalimat utama terletak pada kalimat no. (4) “Kami pernah menemukan lukisan atau seni cadas yang berusia 40.000 tahun dan boleh dikatakan sebagai tertua di dunia:’ lngat! Gagasan utama suatu kalimat dapat diketahui dari subjek kalimat tersebut. Dengan demikian, pesan yang ingin disampaikan oleh Dr. Adam berdasarkan kalimat utama paragraf 2 adalah Lukisan yang ditemukan Dr. Adam Brumm adalah lukisan tertua di dunia.

JAWABAN: D

19. Pada dasarnya pengertian kalimat tidak efektif adalah kalimat-kalimat yang tidak
memiliki sifat kalimat efektif, yang ditandai dengan penggunaan kata yang boros, tidak bervariasi, tidak memiliki kesatuan, tidak logis, dan tidak adanya penekanan (kalimat mengambang). Di antara pilihan jawaban yang disediakan, hanya kalimat (11) Temuan yang membuat arkeolog optimis akan menemukan penghuni atau manusia yang berkaitan dengan lukisan dan perhiasan itu yang salah karena tidak mengandung Subjek.
JAWABAN:E

20. Kata optimis pada kalimat Temuan yang membuat arkeolog optimls akan menemukan penghuni atau manusia yang berkaitan dengan lukisan dan perhiasan itu bermakna penuh harapan.
JAWABAN:B

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon  (021) 77844897  atau kamu juga bisa menghubungi kami melalui  085810779967 . Atau klik  www.lesprivatsbmptn.id  untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai bertemu di Lesprivatsbmptn

 

Referensi :

  1. antaranews.com
  2. liputan6.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top