Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika), Soal & Pembahasannya

Halo sahabat Les Privat SBMPTN!

 

Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika) menjadi mapel yang harus kalian pahami dengan baik. Penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) melibatkan Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) sebagai tahap awal seleksi. Untuk dapat bersaing dengan peserta lain, pemahaman yang kuat terhadap materi dan kemampuan menerapkan rumus matematika menjadi kunci keberhasilan. Maka dari itu, mari simak dan pelajari rumus dan soal matematika berikut!

Baca juga: bimbel sbmptn 

List rumus matematika yang sering keluar di SIMAK UI

Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika), Soal & Pembahasannya
Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika), Soal & Pembahasannya

Sumber: Freepik

Beberapa rumus Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika) yang relevan untuk menghadapi ujian Kemampuan IPA SIMAK UI tahun 2016:

1. Matematika Dasar

a. Rumus Kuadrat: Dalam menghadapi soal persamaan kuadrat, rumus kuadrat (ax^2 + bx + c = 0) sangat penting. Pemahaman tentang diskriminan (Δ = b^2 – 4ac) akan membantu memahami sifat akar persamaan kuadrat.

b. Fungsi dan Grafik: Persiapkan diri Anda dengan memahami dasar fungsi matematika seperti fungsi linear, kuadrat, dan eksponensial. Kemampuan membaca grafik dan menentukan sifat fungsi akan sangat berguna.

2. Trigonometri

Hafalkan rumus dasar sinus, cosinus, dan tangen. Pemahaman hubungan antara sudut-sudut dalam segitiga juga perlu dikuasai. Kenali identitas trigonometri dasar seperti identitas Pythagoras, sin^2θ + cos^2θ = 1, dan identitas sudut ganda.

  1. Geometri dan Trigonometri dalam Ruang

Rumus-rumus untuk menghitung volume dan luas permukaan bangun ruang seperti balok, tabung, dan bola sangat penting. Pastikan Anda memahami rumus-rumus ini dengan baik. Pahami penggunaan hukum cosinus dan hukum sinus dalam menyelesaikan masalah trigonometri pada segitiga.

  1. Turunan dan Integral

Pemahaman tentang turunan fungsi adalah kunci untuk menyelesaikan soal matematika tingkat lanjut. Pastikan Anda memahami konsep turunan fungsi aljabar dan trigonometri.
Rumus integral tentu dan tak tentu sangat relevan. Kemampuan menyelesaikan integral sederhana akan mempermudah pemecahan soal.

  1. Statistika dan Peluang
Baca juga :   Biosfer: Pengertian, Contoh Soal & Pembahasan | SIMAK UI SOSHUM

Pemahaman tentang rata-rata dan standar deviasi diperlukan dalam menyelesaikan soal statistika. Kenali konsep peluang dan distribusi peluang untuk menghadapi soal-statistik yang melibatkan probabilitas.

Baca juga: bimbel utbk 

Panduan Penting Setelah Mengerjakan Soal Matematika

Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika), Soal & Pembahasannya

Sumber: Freepik

Ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) merupakan langkah penting bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Salah satu hal  yang harus dihadapi adalah ujian Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika). Setelah melewati ujian tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan hasil yang maksimal dan mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya.

1. Tinjau Kembali Jawaban Anda

Setelah menyelesaikan setiap bagian soal, penting untuk menyisihkan waktu sejenak untuk meninjau kembali jawaban Anda. Pastikan tidak ada kesalahan atau kekeliruan dalam menjawab. Periksa setiap langkah perhitungan dan pastikan bahwa jawaban yang Anda berikan sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

2. Prioritaskan Soal-soal yang Tidak Selesai

Jika Anda memiliki waktu tambahan setelah meninjau jawaban, perhatikan kembali soal-soal yang mungkin belum sempat Anda selesaikan. Prioritaskan soal-soal yang memiliki nilai lebih tinggi atau yang Anda anggap dapat dipecahkan dengan cepat. Ini dapat meningkatkan total nilai Anda.

3. Jangan Terlalu Panik Jika Ada Soal yang Sulit

Jika ada beberapa soal yang sulit dan Anda merasa kesulitan untuk menjawabnya, jangan panik. Fokuslah pada soal-soal yang dapat Anda selesaikan dengan baik. Jangan biarkan kesulitan pada satu soal mengganggu konsentrasi Anda untuk soal-soal berikutnya. Setiap soal memiliki bobot nilai yang berbeda, jadi pastikan untuk mendapatkan sebanyak mungkin poin.

4. Simpan Energi untuk Tahap Selanjutnya

Baca juga :   Syarat SBMPTN dan Jadwal Kegiatan SBMPTN

Setelah menyelesaikan ujian kemampuan IPA, masih ada tahap-tahap seleksi selanjutnya yang harus dihadapi, seperti tes wawancara atau ujian tulis lainnya. Simpanlah energi Anda dan jangan terlalu lelah setelah ujian. Pastikan Anda cukup istirahat dan makan dengan baik untuk mempersiapkan diri menghadapi tahapan seleksi berikutnya.

5. Periksa Pengumuman Hasil

Setelah mengerjakan ujian, tunggulah pengumuman hasil ujian. Pastikan untuk memeriksa pengumuman dengan teliti. Jika Anda lolos ke tahapan berikutnya, persiapkan diri Anda dengan baik untuk menghadapi ujian selanjutnya. Jika tidak, jangan menyerah. Gunakan hasil tersebut sebagai pengalaman pembelajaran untuk persiapan tes di masa mendatang.

Baca juga: les privat 

Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika)

Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika), Soal & Pembahasannya

Sumber: Freepik

 

Berikut adalah kisi-kisi soal kemampuan IPA untuk mapel Matematika tahun 2016:

 

 

 

Baca juga: les privat jakarta 

Pembahasan Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika)

Soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika), Soal & Pembahasannya

Sumber: Freepik

 

Berikut adalah pembahasan soal Kemampuan IPA SIMAK UI 2016 (Matematika):

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.lesprivatsbmptn.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Lesprivatsbmptn

 

Referensi :

  1. kumparan.com
  2. belitung.pikiran-rakyat.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top