Litosfer: Dasar Penting Memahami Dinamika Bumi, Contoh Soal & Pembahasan | SIMAK UI SOSHUM

litosfer

Halo, Sahabat SNBT!

Litosfer adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam memahami geologi dan dinamika Bumi. Istilah “litosfer” berasal dari bahasa Yunani “lithos,” yang berarti batu, dan “sphaira,” yang berarti bola. Litosfer mencakup kerak Bumi dan bagian atas mantel Bumi yang padat dan keras.

Jika kalian masih bingung, tenang, artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang litosfer dan peranannya dalam memahami geologi. Simak sampai habis ya!

Baca juga: Batuan dan Tanah: Pengertian, Contoh Soal & Pembahasan | SIMAK UI SOSHUM

Serba-serba Litosfer

litosfer

Sumber: Freepik

Komposisi Litosfer

Seperti penjelasan pengertia litosfer di atas, litosfer terdiri dari berbagai jenis batuan dan mineral. Lapisan paling luar adalah kerak Bumi, yang mencakup kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra biasanya lebih tipis dan lebih padat daripada kerak benua. Di bawah kerak adalah astenosfer, lapisan mantel yang lebih lunak, yang memungkinkan pergerakan lempeng tektonik. Kemudian, ada mantel atas yang juga termasuk ke dalam litosfer.

baca juga : les cpns 

Pergerakan Litosfer

Tahukah kalian kalau sebenarnya litosfer tidak diam, tetapi bergerak terus-menerus. Ini terkait dengan teori tektonika lempeng. Lempeng-lempeng litosfer di atas astenosfer bergerak secara lambat, berinteraksi satu sama lain, dan menyebabkan aktivitas geologis seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, dan pembentukan pegunungan. Pergerakan litosfer adalah inti dari pemahaman tentang geologi Bumi.

Bentuk Permukaan Bumi

Litosfer juga membentuk bentuk permukaan Bumi yang kita lihat, seperti pegunungan, lembah, dan dataran. Apa kalian tahu bagaimana pegunungan dan lembah dapat terbentuk?

Pegunungan terbentuk ketika dua lempeng bertabrakan, mengangkat kerak bumi. Lembah terbentuk ketika lempeng bergerak menjauh, menciptakan retakan di permukaan. Dataran, di sisi lain, sering kali terbentuk oleh pengendapan material selama jutaan tahun.

Baca juga :   Suku Banyak | Matematika SBMPTN

Sumber Daya Alam

Litosfer juga merupakan sumber daya alam yang penting. Banyak mineral berharga, seperti emas, perak, dan berlian, ditemukan dalam batuan litosfer. Banyak tambang dan pertambangan didirikan untuk mengeksploitasi sumber daya ini. Selain itu, litosfer juga mengandung minyak bumi, gas alam, dan batu bara, yang merupakan bahan bakar fosil penting.

Perlindungan dan Kepentingan Lingkungan

Perlindungan litosfer penting untuk menjaga lingkungan. Aktivitas manusia, seperti pengeboran minyak dan pertambangan, dapat merusak litosfer dan mengancam ekosistem lokal. Penyelidikan ilmiah dan tindakan pelestarian sangat penting untuk menjaga integritas litosfer dan lingkungan alaminya.

Baca juga : Bimbel CPNS

Susunan Komponen Utama Litosfer

litosfer

Sumber: Freepik

Litosfer adalah lapisan padat dan keras dari Bumi yang mencakup kerak Bumi dan bagian atas mantel bumi. Ini adalah bagian dari geosfer, yang merupakan salah satu dari empat lapisan utama Bumi, bersama dengan atmosfer (lapisan gas), hidrosfer (lapisan air), dan biosfer (lapisan organisme hidup). Berikut adalah susunan komponen utama litosfer:

1. Kerak Bumi

  • Benua: Ini adalah lapisan terluar kerak Bumi yang membentuk benua-benua. Kerak benua umumnya lebih tebal daripada kerak samudera dan terdiri dari berbagai jenis batuan seperti granit dan batuan sedimen.
  • Samudera: Kerak samudera adalah kerak yang terletak di dasar samudera. Ini lebih tipis dan lebih padat daripada kerak benua dan terdiri terutama dari batuan basalt.

2. Mantel Bumi

  • Astenosfer: Ini adalah lapisan dalam mantel yang terletak di bawah kerak bumi dan di atas mantel bawah. Astenosfer adalah lapisan yang paling lentur dan memungkinkan pergerakan lempeng tektonik. Di sini, batuan memiliki suhu yang cukup tinggi untuk meleleh sebagian, sehingga menjadi lebih lentur.
  • Mantel Bawah: Mantel bawah adalah lapisan mantel di bawah kerak bumi. Ini terdiri dari batuan padat yang memiliki kemampuan untuk mengalir dalam waktu yang sangat lama. Mantel bawah memiliki suhu dan tekanan yang tinggi, yang menyebabkan batuan menjadi elastis dan dapat bergerak lambat.
Baca juga :   Interaksi Sosial: Konsep dan Contoh Soal | SIMAK UI Soshum

3. Mantel Bawah

Merupakan lapisan bawah dari mantel Bumi. Ini terdiri dari batuan padat yang sangat keras dan memiliki suhu yang sangat tinggi. Mantel bawah adalah lapisan mantel yang paling dalam sebelum mencapai inti Bumi.

Baca juga : Bimbel CPNS Jakarta

4. Inti Bumi

  • Luar: Ini adalah lapisan inti yang mengelilingi inti dalam. Inti luar terdiri terutama dari besi dan nikel dalam bentuk cairan yang sangat panas.
  • Dalam: Bagian inti terdalam Bumi dan terdiri terutama dari besi dan nikel dalam bentuk padat. Inti dalam memiliki suhu yang sangat tinggi dan bertanggung jawab atas pembentukan medan magnetik Bumi.

Susunan litosfer ini menciptakan kerangka padat Bumi yang menopang segala bentuk kehidupan dan aktivitas geologis di Bumi. Pergerakan dan interaksi komponen-komponen ini adalah dasar dari geologi Bumi dan membentuk bentuk permukaan, aktivitas vulkanik, dan aktivitas tektonik yang kita amati di seluruh dunia.

Contoh Soal dan Pembahasannya

litosfer

Sumber: Freepik

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal mengenai litosfer beserta pembahasannya yang bisa kalian pelajari dengan baik:

Soal 1

Apa yang menjadi komponen utama dari litosfer?

a. Kerak Bumi dan mantel bawah
b. Mantel bumi dan kerak samudera
c. Inti luar dan kerak bumi
d. Mantel bumi dan inti dalam

Jawaban: a. Kerak Bumi dan mantel bawah

Pembahasan:
Litosfer terdiri dari kerak Bumi (kerak benua dan kerak samudera) dan bagian atas mantel bumi (mantel atas dan astenosfer).

Soal 2

Apa yang dimaksud dengan astenosfer?

a. Lapisan paling dalam dalam mantel bumi
b. Lapisan batuan padat yang membentuk kerak bumi
c. Lapisan yang memungkinkan pergerakan lempeng tektonik
d. Lapisan inti dalam Bumi

Baca juga :   Korologi

Jawaban: c. Lapisan yang memungkinkan pergerakan lempeng tektonik

Pembahasan:
Astenosfer adalah lapisan dalam mantel yang memungkinkan pergerakan lempeng tektonik karena sifat elastisnya.

Soal 3

Kerak samudera terdiri terutama dari jenis batuan apa?

a. Granit
b. Basalt
c. Marmer
d. Lava

Jawaban: b. Basalt

Pembahasan:
Kerak samudera terdiri terutama dari batuan basalt, yang lebih padat dan lebih tipis daripada kerak benua.

Soal 4

Apa yang menjadi penyebab pergerakan lempeng tektonik?

a. Gravitasi
b. Perbedaan tekanan atmosfer
c. Perbedaan suhu di mantel bumi
d. Gaya magnetik

Jawaban: c. Perbedaan suhu di mantel bumi

Pembahasan:
Pergerakan lempeng tektonik disebabkan oleh perbedaan suhu di mantel bumi. Panas dari dalam Bumi menghasilkan konveksi yang mendorong pergerakan lempeng.

Soal 5

Apa yang terdapat di dalam inti dalam Bumi?

a. Batuan padat
b. Cairan panas
c. Besi dan nikel padat
d. Uranium dan radioaktif lainnya

Jawaban: c. Besi dan nikel padat

Pembahasan:
Inti dalam Bumi terdiri terutama dari besi dan nikel dalam bentuk padat, yang menciptakan medan magnetik Bumi.

Litosfer adalah salah satu komponen utama dalam memahami geologi dan dinamika Bumi. Ini bukan hanya sebagai dasar fisik Bumi tetapi juga sebagai sumber daya alam yang penting. Pemahaman tentang litosfer dan perannya dalam geologi memberikan wawasan penting tentang kehidupan di planet kita.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.lesprivatsbmptn.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Lesprivatsbmptn!

 

Referensi :

1. Gramedia

2. Aku Pintar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top