Soal Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia SIMAK UI 2019, Soal & Pembahasannya

Soal Kemampuan Dasar(Bahasa Indonesia) SIMAK UI 2019, Soal & Pembahasannya

Halo sahabat lesprivatsbmptn!

 

Setiap tahunnya, Soal Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia menjadi soal yang penting dipelajari. Bagi ribuan calon mahasiswa yang bercita-cita untuk bergabung dengan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Dengan persaingan yang semakin ketat, tak heran jika ujian ini menjadi sorotan utama bagi para pelamar. Namun, seringkali terdapat kesalahpahaman di antara calon peserta mengenai tingkat kesulitan ujian, terutama pada bagian Kemampuan Dasar (KD).

Baca juga: bimbel sbmptn 

Jangan Anggap Remeh Soal Kemampuan Dasar

Sumber: Freepik

Tahun 2019 menjadi tahun yang menarik bagi ujian Soal Kemampuan Dasar(Bahasa Indonesia). Banyak di antara calon mahasiswa yang mungkin menganggap remeh bagian ini, mengira bahwa hanya membutuhkan sedikit persiapan atau bahkan tidak perlu dipersiapkan sama sekali. Namun, realitanya jauh dari anggapan tersebut.

Simak tips berikut dan jangan anggap remeh Soal Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia:

1. Pentingnya Kemampuan Dasar

Kemampuan Dasar dalam ujian SIMAK UI memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kemampuan calon mahasiswa dalam memahami dan menyelesaikan berbagai macam permasalahan.

Meskipun pada dasarnya tidak berhubungan langsung dengan mata pelajaran tertentu, namun kemampuan tersebut mencakup penguasaan atas dasar-dasar logika, matematika, dan bahasa, yang menjadi fondasi utama dalam menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan keberhasilan akademik di perguruan tinggi.

2. Tantangan dalam Soal Kemampuan Dasar SIMAK UI 2019

Ujian Kemampuan Dasar SIMAK UI 2019 tidaklah semudah yang dibayangkan oleh banyak calon peserta. Soal-soal yang disajikan tidak hanya menguji kemampuan berhitung dasar atau pemahaman kosakata, namun juga memerlukan pemikiran kritis, analisis mendalam, dan kejelian dalam menemukan pola-pola tertentu.

3. jenis soal yang diujikan

Beberapa jenis soal yang diujikan mungkin meliputi:

  • Logika: Soal-soal logika mungkin mengharuskan peserta untuk menemukan pola-pola dalam urutan angka atau gambar, dan kemudian menerapkannya untuk memecahkan serangkaian pertanyaan.
  • Matematika Dasar: Meskipun tidak ada perhitungan yang rumit, namun pemahaman terhadap konsep matematika dasar seperti perbandingan, persentase, dan proporsi sangatlah penting.
  • Bahasa: Soal-soal yang berkaitan dengan bahasa mungkin menguji pemahaman peserta terhadap struktur kalimat, makna kata, atau logika bahasa.
Baca juga :   Soal kemampuan dasar SIMAK UI 2018 (Bahasa Indonesia), Soal & Pembahasannya

4. Mempersiapkan Diri dengan Baik

Mengingat pentingnya ujian Kemampuan Dasar SIMAK UI, calon peserta sebaiknya tidak menganggap remeh persiapan untuk bagian ini. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri dengan baik antara lain:

5. Menggunakan Materi Pembelajaran

Memanfaatkan buku-buku atau materi pembelajaran yang tersedia untuk mengasah kemampuan dalam logika, matematika, dan bahasa.

6. Latihan Soal

Melakukan latihan soal secara teratur untuk menguji pemahaman dan keterampilan dalam menyelesaikan jenis-jenis soal yang kemungkinan akan diujikan.

7. Mengikuti Bimbingan Belajar

Bergabung dengan program bimbingan belajar yang fokus pada persiapan ujian SIMAK UI dapat membantu dalam memahami strategi penyelesaian soal dan memperdalam pemahaman konsep-konsep yang diujikan.

Baca juga: bimbel utbk 

Soal Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia

Soal Kemampuan Dasar(Bahasa Indonesia) SIMAK UI 2019, Soal & Pembahasannya

Sumber: Freepik

 

Simak soal kemampuan dasar Bahasa Indonesia berikut:

Bacaan berikut digunakan untuk menjawab soalnomor 76-79.

(1) Meskipun gejala dan efeknya hampir mirip, ada perbedaan besar antara stres dan depre- si. (2) Depresi merupakan masalah kesehatan mental umum yang dapat menyebabkan pe- riode kesedihan berkepanjangan dan memicu pikiran bunuh diri. (3) Di lain sisi, stres juga ma- salah umum dan serius, tetapi sering diremeh- kan dan menganggap sebagai bagian dari ke- hidupan sehari-hari.

(4) Apa perbedaan antara depresi dan stres? (5) Depresi merupakan kondisi klinis yang me- miliki beberapa gejala yang jelas. (6) lni me- rupakan penyakit umum yang cukup banyak menyerang populasi dunia. (7) Sama seperti gangguan kardiovaskuler, depresi dikategori- kan sebagai sebuah penyakit. (8) Sementara itu, stres memiliki arti yang berbeda bagi se- tiap orang. (9) Stres dapat hadir dalam jutaan bentuk, apakah itu masalah keluarga, tekanan pekerjaan dan keuangan, serta kesepian . (10) Sesuatu yang dianggap seseorang sebagai tugas sehari-hari dan dapat diselesaikan dengan mudah bisa juga menyebabkan stres.

16. Pernyataan manakah yang tidak sesuai dengan bacaan di atas?

Baca juga :   Antroposfer: Penjelasan Lengkap dan Contoh Soal

A. Depresi mempunyai kemiripan dengan stress

B. Stres juga merupakan masalah kesehatan mental

C. Depresi dapat berakibat fatal bagi penderitanya

D. Ternyata ada perbedaan cukup besar antara stres dan depresi

E. Stres seringkali dianggap sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari

 

18. Kata yang ditulis tidak sesuai dengan eja- an terdapat pada …

A. Kalimat 6

B. Kalimat 7

C. Kalimat 8

D. Kalimat 9

E. Kalimat 10

19. Manakah kalimat yang efektif dari kalimat-kalimat berikut?

A. Karena tidak mandi dengan air, sebagai gantinya oleskan tubuh dengan Otjize.

B. Otjize yaitu mentega dan oker merah yang dapat menjaga kulit mereka agar terlindungi dari matahari dan serangga.

C. Mereka memilih warna merah bahwa ada sebuah kepercayaan mengatakan warna merah adalah simbol dari bumi dan darah.

D. Otjize dibuat dengan cara menghan- curkan batu oker merah menjadi potongan-potongan kecil.
E. Pecahan itu yang dicampur dengan lemak dan mentega yang telah dipanaskan menggunakan asap

Baca juga: les privat 

Pembahasan Soal Kemampuan Dasar(Bahasa Indonesia)

Soal Kemampuan Dasar(Bahasa Indonesia) SIMAK UI 2019, Soal & Pembahasannya
Soal Kemampuan Dasar(Bahasa Indonesia) SIMAK UI 2019, Soal & Pembahasannya

Sumber: Freepik

Simak pembahasan soal kemampuan dasar(Bahasa Indonesia)

16. Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan tersebut adalah:

(A) Depresi mempunyai kemiripan dengan stres. (BENAR-kalimat no. (1))

(B) Stres juga merupakan masalah kesehatan mental. (SALAH-stres bukan merupakan masalah kesehatan mental (kalimat no. 5))

(C) Depresi dapat berakibat fatal bagi penderitanya. {BENAR-kalimat no. (2))

(D) Ternyata ada perbedaan cukup besar antara stres dan depresi. {BENAR-kalimat no. (S) dan no. {8))

(E) Stres sering kali dianggap sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

(BENAR-kalimat no. (3))

JAWABAN:B

 

17. Kata yang ditulis tidak sesuai dengan ejaan terdapat pada kalimat no. {7) Sama seperti gangguan kardiovaskuler, depresi dikategorikan sebagai sebuah penyakit. Kata kardiovaskuler seharusnya ditulis kardiovaskular dan tidak perlu dicetak miring.

lngat!
Hal-hal yang menyebabkan sebuah kata salah menu rut ejaannya, antara lain:
a. Penulisan unsur serapan yang salah (contoh: frustasi, akutansi)

Baca juga :   Litosfer: Dasar Penting Memahami Dinamika Bumi, Contoh Soal & Pembahasan | SIMAK UI SOSHUM

b. Penulisannya sesuai kebiasaan/kelaziman (contoh: silahkan)

c. Menggunakan ragam lisan {contoh:biarin)

e. Penggunaan imbuhan yang tidak tepat (contoh: merubah, mengkonsumsi)

f. Tidak sesuai kaidah penulisan menurut KBBI. (contoh pisang Ambon)

JAWABAN:B

 

18. Kalimat efektif adalah kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain dengan tepat. Kalimat yang dimaksud bisa dalam bentuk lisan maupun tulisan. Suatu kalimat dapat disebut kalimat efekif jika memiliki unsur kalimat minimal (Subjek  dan Predikat), paralelisme/kesejajaran, tidak memiliki subjek ganda, memiliki bentuk yang paralel antar frase, hemat dalam penggunaan kata, tidak mengulang subjek, menghindari sinonim, tidak berlebihan menggunakan kata jamak, legis dan sesuai nalar bahasa, dan awal kalimat tidak didahului kata “yang” Di antara pilihan jawaban yang tersedia hanya kalimat pada pilihan B. Praktik barter telah dimulai sejak puluhan ribu tahun lalu karena praktik ini masih bertahan hingga awal manusia modern, yang merupakan kalimat efektif. Sementara pilihan lainnya, A.

Jauh sebelum mengenal uang, manusia melakukan barter atau pertukaran barang atau jasa untuk barang atau jasa yang diinginkan (penggunaan konjungsi atau mengganggu struktur kalimat), C. Hanya saja, masalah muncul ketika dua orang yang ingin bertukar tidak bersepakat nilai pertukarannya (penggunaan pewatas yang ingin bertukar tidak tepat, seharusnya yang ingin melakukan barter. Selain itu, perlu ditambahkan kata dengan sebelum kata nilai), D.

Mengatasi kelemahan barter, manusia mengembangkan apa yang disebut sebagai istilah uang komoditas (sebelum kata mengatasi seharusnya ditambahkan preposisi untuk sebagai keterangan tujuan), dan E. Setelah munculnya budaya pertanian, uang, komoditas sering digunakan adalah gandum, sayuran, atau tumbuhan lain (kalimat tersebut tidak memiliki predikat yang jelas).

JAWABAN:B

Baca juga: les privat jakarta 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon   (021) 77844897   atau kamu juga bisa menghubungi kami melalui   085810779967  . Klik   www.lesprivatsbmptn.id   untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai jumpa di Lesprivatsbmptn!

Referensi :

  1. detik.com
  2. suaramerdeka.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top