5 Strategi Mengerjakan Matematika UTBK-SBMPTN

ujian matematika

Matematika sering menjadi momok yang sangat menakutkan saat menghadapi ujian UTBK-SBMPTN, karenanya hampir seluruh siswa perlu mempersiapkan secara khusus untuk menghadapi ujian matematika, soal matematika juga sering di cari untuk dan dijadikan latihan sebagai persiapan UTBK-SBMPTN.

Matematika banyak yang bilang merupakan soal yang paling utama yang perlu di berikan pelatihan khusus untuk bisa mendapatkan kesuksesan dalam menjalankan ujian SBMPTN.

Matematika pada dasarnya merupakan logika berpikir untuk memecahkan suatu permasalahan dengan cara yang tepat.

Matematika SBMPTN SMA

1. Setiap soal tidak hanya menguji satu materi

Satu soal di UTBK itu sering kali menguji lebih dari satu topik. Bahkan ada yang menguji kemampuan lo di 3-4 topik sekaligus.

Kenapa bisa begitu? Karena, inget, UTBK ini tujuannya untuk menyeleksi, bukan mengevaluasi hasil belajar lo. Jadi soalnya memang sengaja dibuat susah supaya sedikit yang bisa ngerjain. Perguruan Tinggi Negeri kan memang kursinya terbatas, dan yang diterima memang yang sedikit itu. Nah, statistik di atas ini udah mempertimbangkan soal-soal yang menguji lebih dari satu topik itu. Jadi kalau ada satu soal menguji persamaan kuadrat dan pertidaksamaan misalnya, di statistik itu dua-duanya dihitung

2. Contoh soal yang butuh penguasaan lebih dari 1 materi

Misal, di UTBK Matematika Dasar tertulis kalau persamaan kuadrat muncul sebagai materi yang dominan keluar. Itu bukan berarti kalau lo belajar persamaan kuadrat aja lo udah bisa sebagian besar soal Matematika Dasar UTBK. Karena inget, satu soal itu bisa aja campur-campur topik yang diujinya. Yang bener cara bacanya adalah: Kalau lo nggak ngerti persamaan kuadrat, dijamin lo nggak bisa ngerjain sebagian besar soal UTBK. Biar kebayang kenapa kayak gitu, coba perhatiin contoh soal ini:

Baca juga :   Persamaan dan Fungsi Kuadrat | Matematika SBMPTN

Baca juga : 5 Langkah Strategis untuk Belajar SBMPTN

Soal seperti ini masuk ke dua topik, pertama Persamaan Kuadrat, kedua Baris dan Deret. Kalau lo bisa bagian persamaan kuadratnya, belum tentu lo bisa ngerjain karena lo butuh kemampuan baris dan deretnya juga. Sementara kalau lo nggak ngerti bagian persamaan kuadratnya, maka pasti lo nggak bisa ngerjain soal di atas.

3. Statistik di atas belum tentu jadi prediktor yang akurat untuk SBMPTN nanti

Karena biar gimanapun, UTBK itu nggak ada kisi-kisinya. Nggak ada yang bener-bener tau soal yang akan keluar itu seperti apa. Jadi kalau si pembuat soal tiba-tiba nyeleneh dan bikin soal yang bener-bener beda dari biasanya, ya bisa aja. Tapi meskipun begitu, setidaknya statistik di atas bisa bikin lo kebayang beberapa materi dasar yang penting banget untuk lo kuasain segera.

Baca juga : Tips Menyelesaikan Soal SBMPTN dengan Metode IRT

4. Jangan anggap remeh topik TPA

Di statistik yang gue buat, ada topik yang namanya TPA. Sebenernya itu karena gue bingung aja mau namain apa karena nggak ada babnya di SMA, malah yang ada di SMP.

5. Soal HOTS di UTBK Matematika

Sejak UTBK 2019, Kemenristekdikti mengumumkan bahwa akan ada soal HOTS. Tapi sebenarnya sih, soal HOTS sudah eksis lama sejak 5 tahun terakhir, khususnya di UTBK Matematika. Emang soal HOTS itu apa sih? Soal HOTS tidak hanya berhenti menguji apakah lo ingat, paham, dan mampu mengaplikasikan penyelesaian; tapi lo juga dituntut untuk menganalisis dan mencipta model matematika sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top