Keuntungan Lolos SBMPTN

Sahabat Latis, pernahkah kalian menyadari mengapa begitu banyak orang yang berusaha lulus SBMPTN? Tidakkah kalian ingin tau keuntungan lolos SBMPTN? Walaupun sebenarnya banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk lolos di kampus impian. Jika kalian berencana ingin masuk PTN, kalian bisa mengikuti SBMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri, sedangkan untuk perguruan tinggi swasta ada jalur raport dan tes.

Apa Saja Keuntungan Lolos SBMPTN?

Keuntungan Lolos SNMPTN
sumber Freepik

SBMPTN adalah kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disebut “jalur undangan” merupakan salah satu seleksi yang paling banyak diharapkan oleh siswa. Hal ini dikarenakan banyaknya keunggulan SBMPTN yang berbeda dengan jalur lainnya.

Yang paling mencengangkan adalah salah satu keunggulan SNMPTN terkait kuota penerimaan mahasiswa baru yang paling besar yaitu 50% dibandingkan kuota jalur SBMPTN yang minimal 30%. Selain itu, SNMPTN juga hanya menyeleksi berdasarkan hasil prestasi akademik atau berdasarkan portofolio siswa selama sekolah.

Secara tidak langsung, jika kalian lolos di jalur ini maka seakan kalian udah lolos audisi Puteri Indonesia atau yang beken adalah Indonesian Idol. Itulah sebabnya banyak banget yang ingin bisa diterima di PTN melalui jalur ini. Tapi sebenarnya tidak hanya soal kebanggaan. Masih ada beberapa keunggulan SBMPTN lainnya yang bisa kamu dapat dan rasakan jika berhasil lolos.

1. Sudah Pasti Diterima dan Lebih Awal

Ketika yang lain masih harap-harap cemas, kalian sudah santai luar biasa. Dalam rangkaian seleksi masuk perguruan tinggi negeri, SBMPTN merupakan seleksi yang dilaksanakan paling awal dan memberikan pengumuman lebih awal juga. Jadi sama halnya dengan di PHP, keunggulan SBMPTN satu ini tentunya membuat kalian mendapat kepastian dan lebih lega jika berhasil lolos masuk kuliah lebih dulu.

Baca juga :   Cara Memilih Lokasi SBMPTN 2022

Kalian juga dapat mempersiapkan mental lebih matang sebelum mulai kegiatan belajar di kampus nanti. Sudah terbayangkan bagaimana hebohnya keluarga kalian nanti?

2. Tidak Perlu Mengikuti Ujian Yang Berbelit-Belit

Seharusnya setelah lulus yasudah. Kenapa kalian harus belajar lagi? Kenapa harus kembali membuka buku dan mengerjakan soal-soal? Kenapa tidak bisa seperti saat mendaftar SMP atau SMA dimana kalian tidak perlu ribet? Jalur SNMPTN memberikan kalian kenyamanan itu yakni hanya berdasarkan nilai rapor dan portofolio (untuk beberapa jurusan khusus). Kalau SBMPTN ya tetap saja menjawab soal tapi setelah itu kalian lebih dulu mendapat hasil.

Jadi ketika kalian diterima, kalian akan bebas dari ujian-ujian tulis lewat SBMPTN maupun Jalur Mandiri. Teman kalian mungkin akan ikut kelas tambahan di bimbingan belajar, terus-menerus latihan soal, dan deg-degan karena persaingan di ujian tulis yang lebih kompetitif, tapi kalian? Santai kayak di pantai.

3. Mempunyai waktu luang lebih banyak

Masih berkaitan dengan poin ke dua dimana kalian bisa santai kayak di pantai, kalau diterima melalui SNMPTN kalian akan memiliki sisa waktu yang lebih banyak sebelum memulai kegiatan belajar di perkuliahan. Kalian bisa memanfaatkan waktu luang ini untuk refreshing dan melakukan kegiatan self reward yang belum sempat kalian lakukan saat sibuk di masa-masa pendaftaran kuliah atau UN.

Kalian juga bisa mempersiapkan kuliah lebih matang sebelum akhirnya benar-benar menjadi mahasiswa seperti mempersiapkan dokumen untuk daftar ulang atau mulai baca-baca materi perkenalan kuliah. Dengan demikian kalian tidak kaget saat sudah mulai belajar lagi nantinya. SBMPTN tidak jauh berbeda juga.

4. Penghematan

Apakah kalian tau bahwa setiap pendaftaran ke kampus terdapat biaya pendaftaran yang perlu dibayar? Jadi jika kalian mau mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur tes masuk seperti SBMPTN maupun Ujian Mandiri, kalian perlu mengeluarkan uang lho! Sedangkan untuk SNMPTN tidak dipungut biaya sama sekali. Kalau SBMPTN memang bayar tapi nanti jika diterima maka biaya UKT kalian akan rendah.

Baca juga :   Rumus-rumus Polinomial

Gimana hati emak kalian ga senang berkali-kali? Diterima melalui SNMPTN berarti kalian sudah tidak perlu mengikuti jalur tes dan mengeluarkan biaya lagi untuk pendaftaran dan juga transportasi ke lokasi ujian.

Itu baru satu keuntungan ya soal penghematan. Masih ada keuntungan hemat lainnya. Biaya kuliah calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN biasanya lebih murah dibandingkan jika diterima melalui jalur Mandiri. Dijamin keluarga makin sayang dan cinta sama kalian sekebon deh cintanya.

5. Menjadi Kebanggaan Keluarga

Kalau ini sih udah pasti ya. Peserta SNMPTN tahun 2021 mencapai 854.599 peserta dengan daya tampung hanya 110.459 kursi. Walau kalian ga akan setenar para Idol yang jadi jawara, kalian sudah bisa membayangkan betapa hebatnya kalian. Untuk lolos melalui SNMPTN berarti kalian harus bersaing dengan ratusan ribu siswa lain dengan impian yang sama. Artinya keketatan seperti ini dan membuat kalian diterima lebih awal tanpa tes di perguruan tinggi favorit akan jadi prestasi tersendiri bagi diri sendiri dan keluarga bagi siapapun yang lolos SNMPTN. Sama dengan SBMPTN, kalian juga tetap berbangga diri.

Kebanggaan Ketika Lolos SBMPTN

keuntungan lolos SNMPTN

Sama halnya dengan ninja warior, berarti perjuangan belajar selama 6 semester di SMA membuahkan hasil yang manis. Gak cuma diri sendiri dan keluarga yang bangga, kalian juga otomatis menjadi kebanggaan sekolah karena sekolah sudah bisa membimbing dan mengantarkan kalian ke perguruan tinggi favorit.

Sangat bisa jadi para guru akan membuat syukuran bagi kalian. Jaman dulu mimin sekolah, hanya ada satu aja siswa yang lolos SNMPTN dari sekolah mimin lho. Gimana ga langsung jadi sumber gosip tuh orangnya?

Jalur SNMPTN kenapa bisa bebas biaya pendaftaran? Nah ini karena telah ditanggung oleh pemerintah pada subsidi biaya anggaran. Bagi siswa eligible yang mendaftar SNMPTN tidak akan dipungut biaya apapun. Berbeda dengan jalur tes seperti SBMPTN atau Ujian Mandiri yang mewajibkan peserta untuk membayar biaya pendaftaran karena tidak mungkin pemerintah membiayai semua kan?

Baca juga :   Gagasan Utama, Kalimat Inti | TPS SBMPTN

Setelah lolos SNMPTN, kalian benar-benar tidak akan mengikuti ujian tulis masuk PTN lagi. Kalian hanya akan langsung registrasi ulang dan verifikasi di PTN yang telah menerima kalian. Selain itu, kalian tidak perlu belajar lagi dan latihan soal untuk tes tulis. Pokoknya dijamin enak deh sama seperti mendapat Golden ticket saat audisi Idol. Yah anggap saja kalian memang lagi audisi. Makanya jangan malas belajar ya selama duduk di bangku SMA. Nah masa SMA bukan untuk mencari jati diri atau nongki sana sini tapi untuk mengukir prestasi sebanyak-banyaknya! Itu sedikit perbandingan antara SBMPTN dengan SNMPTN. Kalian pilih lolos yang mana nih?

Gimana nih sahabat Latis sudah mulai berpusing-pusing ria? Sama dong! Biar ga pusing ayo segera kita cari guru privat. Kalo kalian di Jakarta, cari aja les privat Jakarta ya! Kalian juga harus makin rajin nih latihan soal-soal!

Referensi:

  1. gocampus.com
  2. indonesiacollege.co.id

Pecahan senilai

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top