5 Langkah Strategis untuk Belajar SBMPTN

Ujian SBMPTN

Menjelang tahun ajaran baru, pasti kamu sudah memiliki beberapa target akademik untuk dicapai tahun 2022 kan? Khusus siswa kelas 12, pasti kamu sudah mulai merancang target jurusan kuliah apa yang akan kamu daftarkan nanti.

Tentu salah satunya adalah menentukan target agar bisa lulus dan bisa diterima di perguruan tinggi favorite. Karena itu jangan lupa juga untuk mempersiapkan cara belajar yang efektif agar kamu dapat mempersiapkan UTBK 2021 dengan baik.
Kira-kira apa aja ya, cara jitu untuk mempersiapkan UTBK 2021 nanti?

Yuk dibaca!

1. Persiapkan Mental Kamu

Pernah gak sih kamu benar-benar berpikir untuk mempersiapkan mental sebelum menghadapi ujian? atau kamu malah lebih sering bertanya pada dirimu  “apakah aku benar-benar siap menghadapi ujian ini?“ atau malah kamu berpikir “yang penting mengikuti ujian masalah nilai jelek ya itu urusan nanti”.

Kalau kamu merasa belum siap, yuk mulai perkuat mental kamu dengan mengumpulkan alasan sebanyak mungkin kenapa kamu memulai ini semua.

Pastikan mental kamu sudah siap jika kamu menemukan kegagalan dalam setiap prosesnya ditambah persiapan UTBK akan  menyita banyak waktu bermainmu demi meraih jurusan impian.

Persiapkan mental kamu untuk selalu berusaha meskipun kamu menemukan banyak kegagalan dan selalu percaya pasti akan selalu ada cara lain menuju kesuksesan.

2. Latihan Soal UTBK Tahun Sebelumnya

Cara kedua mempersiapkan UTBK adalah latihan soal UTBK atau SBMPTN tahun sebelumnya. Dengan latihan soal dari tahun sebelumnya, akan membantu kamu untuk mengenali seberapa besar kesiapan kamu menuju UTBK sesungguhnya.

Melalui latihan soal UTBK, kamu dapat mengevaluasi kemampuan kamu secara efektif. Kamu juga dapat mengukur kemampuan kamu terhadap materi apa saja yang belum kamu kuasai atau yang sudah kamu kuasai dengan baik.

Baca juga :   Cara Daftar SBMPTN Tahun 2021

3. Membuat Target Belajar

Setelah kamu selesai melakukan evaluasi materi, cara jitu selanjutnya adalah dengan membuat target belajar pada setiap minggu. Target belajar ini juga berguna untuk menjadi penghitung mundur sampai hari ujian tiba.

Pada pembuatan target belajar, kamu bisa mengisi dengan pemetaan materi-materi apa saja yang harus kamu pelajari dahulu sampai materi yang tidak teralu membutuhkan usaha berlebih untuk mempersiapkannya.

4 Belajar pahami konsep

Yup, pasti banyak dari kamu yang masih belajar dengan cara menghafal saja. Belajar dengan menghafal sih tidak ada salahnya, namun kamu harus ingat bahwa soal UTBK jauh berbeda dengan soal-soal ujian sekolah lainnya.

Soal UTBK menuntut kamu untuk memahami sebuah konsep dasar dari materi soal. Kamu harus dapat berpikir menggunakan nalar untuk bisa menyelesaikan soal-soal UTBK nanti.

5. Tryout

Try-out merupakan salah satu bentuk evaluasi diri terhadap hasil belajar atau pendalaman materi yang telah kamu lakukan. Jangan sampai kamu hanya terfokus pada pendalaman materi sampai lupa untuk melatih kemampuanmu, ya.

Sudah sejauh mana perkembangan kamu dari hasil try-out kemarin? Jangan lupa untuk selalu bandingkan pencapaian hasil try-out kamu yang kemarin dengan hasil try-out kamu yang sekarang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top