6 Tips Belajar Efektif agar Lancar Kerjakan Soal SBMPTN

Bisa diterima masuk dalam kampus idaman mungkin adalah impian semua orang. Tentunya banyak tantangan yang harus dihadapi agar bisa mendapatkan impian tersebut.

Salah satunya adalah lolos dalam tes SBMPTN dan juga bersaing dengan beberapa kandidat lain. Apalagi bila jurusan yang dipilih memiliki minat yang banyak dari banyak orang

Nah, buat kamu yang kemarin gagal dalam SNMPTN, kini kamu masih memiliki kesempatan untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan dengan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Berikut Cara Belajar UTBK SBMPTN 2021 yang Efektif Terbaru

Agar kamu bisa lebih matang lagi dalam menghadapi UTBK SBMPTN 2021, ada baiknya jika kamu sudah mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Nah, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan kamu beberapa strategi cara belajar UTBK SBMPTN 2021 yang efektif tanpa harus mengikuti bimbel.

1. Mencoba mengerjakan soal UTBK tahun sebelumnya

Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum menghadapi UTBK adalah dengan mempelajari soal UTBK tahun sebelumnya. Dengan mengerjakan soal-soal UTBK tahun sebelumnya, paling tidak kamu memiliki gambaran seputar kesulitan-kesulitan soal-soal tersebut. Kamu juga bisa mengukur kesiapan kamu kira-kira sudah sejauh mana.

2. Mengevaluasi kesiapan diri

Setelah kamu mencoba mengerjakan soal-soal UTBK tahun sebelumnya, tentu kamu sudah bisa membayangkan kira-kira akan seperti apa soal yang nantinya dihadapi. Jika kamu merasa tingkat kesulitan soal-soal yang kamu kerjakan sangat mudah, maka kamu disarankan untuk tidak langsung menyepelekan soal-soal yang nantinya akan keluar. Namun, teruslah asah kemampuan kamu agar nantinya kamu bisa lebih mudah menghadapi UTBK.

3. Membuat jadwal belajar

Setelah mengevaluasi materi, strategi jitu menghadapi UTBK selanjutnya adalah dengan membuat jadwal belajar setiap minggunya. Jadwal belajar ini nantinya dapat bermanfaat guna sebagai penghitung mundur hingga hari ujian tiba. Dalam membuat jadwal ujian, kamu bisa mengisi dengan memetakan mater-materi apa saja yang akan kamu pelajari pada hari itu. Sebagai catatan, dalam membuat jadwal belajar utamakan pada materi yang belum kamu pahami agar kamu bisa mempersiapkannya dengan matang dan mengejar ketertinggalan.

Baca juga :   Permintaan, Penawaran, Keseimbangan Pasar: Ekonomi SBMPTN

4. Belajar memahami konsep

Sebagian besar siswa masih belajar dengan pola menghapal saja tanpa memahami maksud dari materi yang dipelajari. Belajar dengan menghafal memang tidak ada salahnya, namun ada baiknya jika kamu memahami sebuah konsep dasar dari materi soal. Kamu bisa menguji pemahaman kamu dengan mengerjakan soal-soal yang sebelumnya belum pernah kamu kerjakan.

5. Mengikuti try-out

Untuk lebih mendalami materi, kamu juga bisa mengikuti try-out. Hal ini untuk menghindari fokus kamu yang hanya pada satu materi hingga kamu pun lupa untuk melatih kemampuan kamu. Dengan mengikuti try-out, kamu bisa melihat sejauh mana perkembangan kamu. Jika ingin melihat pencapaianmu, jangan lupa untuk membandingkan pencapaian hasil try-out kamu sebelumnya dengan try-out yang baru saja kamu ikuti.

6. Mempersiapkan mental

Setelah semua strategi sebelumnya diterapkan, kini hal terpenting yang juga tak boleh kamu lupakan adalah mempersiapkan mental. Jika kamu merasa belum siap, maka mulailah perkuat mental kamu dengan mengumpulkan segala alasan yang membuat kamu belum siap. Ingat, persiapan untuk menghadapi UTBK cukup panjang. Untuk itu diperlukan mental yang kuat untuk menghadapinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top