Yuk Kenalan dengan Teks Berita

Siapa yang suka nonton TV*NE atau KOM*AS TV? Ada yang bilang itu channel bapak-bapak karena isinya berita semua. Sebenarnya kalian juga perlu mengetahui berita lho. Kenapa begitu? Karena pastinya no hoax apalagi mengandung 5W1H dalam menyusun teks berita tersebut. Ga percaya? Simak penjelasannya di sini!

Pengertian Teks Berita

teks berita
Sumber : Pixabay

Tak kenal maka tak sayang. Pengertian dari teks berita merupakan teks yang berisikan tentang kejadian, peristiwa, atau informasi yang berupa fakta. Ini kata kuncinya ya, FAKTA. Jadi bukan adegan alay drama sinetron walaupun memang baru-baru ini kita dihadapkan dengan sesuatu yang alay yakni kasus pem**nuhan B.J.

Cara penyampaiannya adalah dengan dibacakan melalui pembawa acara berita di radio dan televisi maupun ditampilkan dalam bentuk cetak di surat kabar harian dan online di media digital.

Fungsinya adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya, sehingga menambah wawasan pembaca atau pendengarnya.

Masih bingung? tutor private akan membantu memberikan penjelasan yang lebih detail deh. Sekarang kita lanjut ke unsur-unsurnya ya!

baca juga: biaya les privat per hari

Unsur dan Ciri Teks Berita

teks berita

Sumber : Pixabay

Berhubung pada dasarnya teks berita memuat suatu kejadian atau peristiwa, tentunya ia harus mengandung unsur-unsur yang bisa menjelaskan seputar kejadian atau peristiwa tersebut.

Dalam bahasa Inggris, unsur-unsur teks berita dikenal dalam istilah 5W+1H, yaitu mengandung what (apa), where (di mana), when (kapan), who (siapa), why (mengapa), dan how (bagaimana). Nah ini sudah sempat kita singgung juga ya di awal pembahasan ini.

Sementara menurut istilah bahasa Indonesia dikenal dengan adiksimba, yakni apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Berikut penjelasan mengenai masing-masing unsur teks berita :

les utbk terdekat, bimbel intensif sbmptn, bimbel masuk ptn, bimbel sbmptn, bimbel intensif sbmptn

Sumber : Freepik

1. Apa (what)

Unsur ini menjelaskan peristiwa apa yang sedang terjadi.

Baca juga :   Majas Asosiasi

2. Di mana (where)

Menjelaskan tempat peristiwa terjadi.

3. Kapan (when)

Menjelaskan kapan peristiwa terjadi atau kronologi waktu peristiwa.

4. Siapa (who)

Unsur ini menjelaskan orang atau pihak mana saja yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

5. Mengapa (why)

Unsur ini menjelaskan alasan atau latar belakang peristiwa.

6. Bagaimana (how)

Unsur ini menjelaskan proses terjadinya peristiwa tersebut.

Jadi dengan rangkaian unsur yang ada, tentunya kalian akan lebih mudah memahami ciri teks berita, ya tidak? Nah ketika kalian melihat adanya ke enam unsur itu saja, maka artinya kalian telah menemukan teks berita.

Memang tidak akan seruwet menghitung bilangan matematika dan tidak perlu juga mencari guru private matematika. Enjoy saja menikmati kata demi kata hingga paragraf demi paragraf.

Adapun ciri lainnya berdasarkan kaidah kebahasaan teks berita dan contohnya adalah:

bimbel intensif sbmptn, bimbel sbmptn, les utbk terdekat, les sbmptn, bimbel masuk ptn, bimbel ptn, bimbel utbk terbaik

Sumber : Freepik

  1. Informasi yang disajikan bersifat aktual dan umum.
  2. Bahasa yang digunakan berupa bahasa baku. Coba kalian dengarkan apakah pernah seorang pembawa berita menggunakan bahasa gaul?
  3. Fokus pada peristiwa yang terjadi bukan pada pelakunya. Hal ini tentunya fokusnya adalah pada pemberitaan dan bukan ghibah seperti infotainment.
  4. Menggunakan verba pewarta yang berisikan kalimat pemberitahuan informasi. Verba pewarta adalah kata yang digunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan.
  5. Menggunakan verba transitif atau ada objek di dalam penjelasannya.
  6. Menggunakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. Walaupun cukup jarang menggunakan kalimat langsung.
  7. Terdapat penjelasan mengenai waktu dan tempat terjadinya suatu peristiwa.

Contoh:

Pemerintah memastikan harga bahan pokok, seperti cabai merah, bawang merah, hingga telur ayam di seluruh pasar tradisional di Indonesia akan stabil sampai akhir tahun.

Contoh teks berita menggunakan verba pewarta:

Pemerintah memproyeksi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat akan menguat pada akhir tahun.

Baca juga :   Atmosfer Bumi: Membongkar Rahasia Lapisan Langit | SIMAK UI SOSHUM

Adapun contoh lainnya yang menggunakan kalimat langsung adalah:

Air di sini tidak mau surut, tetap tergenang. Kalau hujan datang, air langsung masuk ke rumah karena selokan tersumbat,” ujar Yudi, warga Bekasi, Jawa Barat.

Contoh teks berita menggunakan kalimat tidak langsung:
Menurutnya, Pemerintah Kota Manado tidak memberi solusi yang tepat untuk mengatasi kemacetan parah di sejumlah ruas di kota tersebut.

Nah sekarang kita akan beralih ke struktur teksnya ya!

Judul (headline)

bimbel intensif sbmptn, bimbel sbmptn, les sbmptn, bimbel utbk terbaik, les utbk terdekat, bimbel masuk ptn, bimbel ptn

Sumber : Freepik

Bagian ini merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan berita. Biasanya, judul berisi tentang apa kejadian yang akan dibahas dalam berita.

Judul perlu dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca teks berita yang disajikan atau menyimak berita yang akan dibacakan.

Teras (lead)

bimbel sbmptn, les sbmptn, bimbel intensif sbmptn, les utbk terdekat, bimbel utbk terbaik, bimbel masuk ptn, bimbel ptn

Sumber : Freepik

Bagian ini yang lebih menjelaskan isi berita dari sekadar judulnya saja. Di dalam teras berita berisi inti dari keseluruhan isi berita.

Sama dengan judul, lead juga harus ditulis dengan menarik agar pembaca mau membaca teks berita secara keseluruhan dari paragraf ke paragraf selanjutnya.

Tubuh atau isi (body)

bimbel intensif sbmptn, bimbel sbmptn, les utbk terdekat, bimbel utbk terbaik, bimbel intensif sbmptn, bimbel masuk ptn, bimbel ptn

Sumber : Freepik

Ini merupakan inti dari seluruh teks berita yang berisi penjelasan lengkap. Berbeda dari lead, tubuh benar-benar menjelaskan keseluruhan peristiwa yang ingin dijelaskan dalam teks berita.

Bahkan, tubuh teks berita juga bisa berisi informasi-informasi tambahan dari peristiwa yang dijelaskan dalam berita.

Contoh berita utuh:

Jokowi Resmikan Jembatan Teluk Kendari Bernilai Rp804 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Teluk Kendari di Sulawesi Tenggara senilai Rp804 miliar pada hari ini, Kamis (22/10). Jembatan yang telah dikerjakan selama lima tahun ini diyakini akan meningkatkan produktivitas dan daya saing daerah ke depan.

“Alhamdulillah Jembatan Kendari sepanjang 1.349 kilometer dan lebar 20 meter, hari ini telah rampung,” ucap Jokowi saat meresmikan jembatan secara langsung.

Baca juga :   Dimana Ya Bimbel UTBK Yang Terjangkau?

Kepala negara menjelaskan kehadiran jembatan ini akan memberi manfaat berupa waktu tempuh yang jauh lebih cepat. Semula, waktu tempuh untuk menyeberangi Teluk Kendari sepanjang 20 meter dengan kapal feri membutuhkan waktu 30 menit sampai 40 menit.

“Sekarang hanya perlu 5 menit. Kelancaran konektivitas dan akses ini akan membuat mobilitas jasa dan manusia semakin efisien, sehingga daya siang akan meningkat dan Sulawesi Tenggara, khususnya Kendari, menjadi semakin menarik untuk pengembangan usaha baru,” tuturnya.

Manfaat lain, jembatan ini akan mendukung konektivitas ke kawasan industri di Konawe dan Pelabuhan Bungkutoko, Pelabuhan Kendari, dan pemukiman baru. Ia meyakini hal ini akan menciptakan sentra ekonomi baru di Kendari dan Sulawesi Tenggara.

Jokowi mengatakan manfaat konektivitas ke kawasan industri merupakan salah satu yang paling ia kejar dalam pembangunan infrastruktur selama ini. Mulai dari infrastruktur jalan tol, bandara, hingga pelabuhan.

“Ini harus memberikan nilai tambah, yakni terintegrasi dengan kawasan pertanian, pelabuhan, industri yang sudah ada, sehingga memberikan daya ungkit ke produktivitas dan daya saing serta munculkan sentra ekonomi baru, sehingga akan memberikan lapangan pekerjaan lebih banyak,” terangnya.

Di sisi lain, mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan pembangunan jembatan juga akan memberikan manfaat estetika kepada daerah. Sebab, bisa menjadi ikon baru dan mempercantik daerah perkotaan.

Untuk itu, Jokowi pun meminta agar jembatan bisa ditata dan dibuka untuk publik, termasuk kegiatan-kegiatan masyarakat. Misalnya, olahraga, rekreasi, dan lainnya

“Dan tentu saja membuat Kota Kendari lebih dikenal karena punya landmark yang baru,” pungkasnya.

Gimana? Seru kan belajarnya?

baca juga: biaya les sd per bulan

Referensi:

  1. cnnindonesia.com
  2. Buku Ajar Bahasa Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top