Jangan Nyantai! Cek Jadwal Bimbel UTBK 2023 Sekarang

UTBK 2023 sudah di depan mata. Kalian tidak boleh lengah ya sahabat Latis! Mulai sekarang kalian harus tegas menyusun jadwal bimbel UTBK 2023!

Kapan Sih UTBK 2023 Berlangsung?

Jadwal bimbel UTBK 2023
Sumber Freepik

Dilansir dari web resmi pengadaan UTBK 2023, terdapat beberapa rangkaian kegiatan menuju UTBK yaitu:

– Pembuatan Akun SNPMB: 16 Februari – 3 Maret 2023

• Sosialisasi UTBK-SNBT: 1 Desember 2022 – 14 April 2023

• Pendaftaran UTBK-SNBT: 23 Maret – 14 April 2023

• Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 8-14 Mei 2023

• Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 22-28 Mei 2023

• Pengumuman Hasil SNBT: 20 Juni 2023

• Masa Unduh Sertifikat UTBK: 26 Juni – 31 Juli 2023

Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan akan diakhiri pukul 15.00 WIB.

Oke, jadi waktunya kalian mencari les privat terdekat mumpung masih ada waktu nih. Apalagi kalau kalian masih bingung caranya membuat akun. Bagi yang memiliki kakak mungkin bisa mendapatkan sedikit pencerahan, namun buat kalian yang bingung, sudah saatnya mencari bala bantuan yang tepat.

Masih ada lagi alasan lainnya. Dengan mengikuti bimbel masuk PTN terbaik, pengajar bimbel akan mengarahkan kalian kepada materi apa saja yang memang sering muncul pada soal-soal SBMPTN.

Selain itu, pengajar juga akan memberi berbagai trik dan tips untuk menyelesaikan soal hanya dengan waktu yang cepat. Sudah pasti bahwa dengan mengikuti bimbel kalian tentunya bisa memperoleh banyak latihan soal. Semakin sering mengerjakan latihan soal, maka kalian bisa semakin memahami materi dan membuat kalian tidak asing lagi dengan berbagai pilihan soal. Dengan begitu model soal apa saja yang nantinya muncul tidak akan membuat spot jantung.

Baca juga :   Cara Membuat Akun LTMPT untuk UTBK - SBMPTN

Memang materi SBMPTN sendiri adalah materi yang digunakan dalam mempersiapan ujian seleksi untuk masuk PTN. Sehingga ketika mengikuti bimbel, tentunya soal yang diberikan merupakan soal-soal taraf perguruan tinggi, dengan begitu untuk kalian yang hanya belajar sendiri tanpa mengikuti bimbel rasanya kurang efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN.

Ini akan berdampak pada kepercayaan diri kalian lho. Jika sebelumnya kalian kurang pede ingin melanjutkan pendidikan ke PTN melalui jalur SBMPTN, kini hal itu tidak akan terjadi lagi. Sudah jelas karena kalian sudah mengikuti bimbel. Dengan begitu kepercayaan diri pun semakin meningkat ketika hendak mengikuti seleksi SBMPTN. Perlu kalian ketahui jika SBMPTN merupakan pilihan untuk kebanyakan calon mahasiswa agar bisa memperoleh kesempatan untuk melaju ke PTN. Sehingga kamu perlu memiliki persiapan secara matang.

Baca juga: biaya les privat per hari 

Mulai Kapan Sebaiknya Membuat Jadwal Bimbel UTBK 2023?

Jadwal bimbel UTBK 2023
Sumber Freepik

Berdasarkan informasi yang ada di berbagai laman, Tes (UTBK-SNBT) 2023 merupakan pengganti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SNBT pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Kemudian, UTBK-SNBT 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Materi UTBK-SNBT 2023 terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Yang lebih penting, pelaksanaan SNBT dimulai dari proses pendaftaran sampai dengan pelaksanaan tes dapat dilakukan pada semester akhir tahun ajaran berjalan sebelum pengumuman kelulusan pendidikan menengah sampai dengan setelah pengumuman kelulusan pendidikan menengah pada tahun berjalan. Hasil UTBK hanya untuk mendaftar pendaftaran SNBT 2023. Jadi kalau kita cocokkan dengan jadwal tes UTBK pada bulan Mei, ada baiknya kalian sudah mulai menyusun strategi di bulan kemarin. Februari ini sudah waktunya memulai pembelajaran. Ingatlah kalau saingan kalian banyak banget dari angkatan sebelum-sebelumnya lho!

Baca juga :   Persamaan Dasar Akuntansi, Akuntansi Dagang, Akuntansi Jasa: Soshum SBMPTN

Tahap-tahap yang harus benar-benar kalian cermati dan jangan sampai ketinggalan adalah:

1. Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SNBT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

2. Login dengan menggunakan akun SNPMB di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

3. Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tuna netra/low vision

4. Memilih Program Studi, Mengunggah Portofolio, Memilih Pusat UTBK PTN, dan memperoleh Slip Pembayaran Biaya UTBK

Sampai di sini informasi selanjutnya akan menyusul mengingat kalian juga dapat memilih lokasi tes yang terdekat. Bahkan waktu tes pun kalian bisa pilih.

Aduh semakin grogi aja nih. Waktunya sudah mepet, kegiatan sekolah juga padat, kapan dong harus mulai bimbel? Belum lagi padatnya kendaraan di jam-jam pulang kerja bikin kesel berangkat bimbel. Jangan ngomel-ngomel dulu dong. Kalian bisa cek harga guru private ke rumah. Siapa tau ini lebih efisien dan hemat waktu. Kayaknya di jaman serba canggih begini tidak ada yang sulit, ya kan? 

Nah kalau sudah mulai les dan daftar akun, jangan lupa saat waktunya membayar, kalian juga segera membayar dan cetak kartu peserta ya!

Oiya, bagaimana dong nasib mereka yang gap studi? Khusus siswa gap year, hanya bisa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023. Sehingga, untuk registrasi akun SNPMB 2023 mengikuti jadwal SNBT yakni pada 16 Februari – 3 Maret 2023.

Khusus siswa gap year, hanya bisa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023. Sehingga, untuk registrasi akun SNPMB 2023 mengikuti jadwal SNBT yakni pada 16 Februari – 3 Maret 2023. Hm, tapi syarat-syaratnya ternyata banyak lho:

  • Memiliki Akun SNPMB.
  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan
  • Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).
  • Memiliki Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah dan tanda tangan Kepala Sekolah.
  • Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  • Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021, atau 2022.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  • Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra
  • Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023
Baca juga :   Serba Serbi Kenapa Harus Ikut Bimbel SNBT

Gimana? Lebih panjang kan alurnya?

Baca juga: harga les privat

Referensi:

1. suarakampus.com

2. beritasatu.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top