Syarat Untuk Lulus SBMPTN 2022, Tips dan juga Triknya

syarat lulus sbmptn 2022

Untuk Anda yang ingin akan mengikuti UTBK SBMPTN, berikut ini adalah syarat untuk mengikuti ujian SBMPTN 2022 yang telah ditentukan oleh panitia: 

  1. Mempunyai akun LTMPT dan sudah disimpan permanen (sebelum registrasi akun ditutup)
  2. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 harus mempunyai Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan usia maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Terdapat persyaratan tambahan untuk Surat Keterangan Siswa kelas 12 yaitu menyertakan foto berwarna terbaru, stempel sekolah atau cap sekolah, dan tanda tangan kepala sekolah.
  4. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021 atau lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 harus mempunyai ijazah dengan usia maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Lulusan SMA sederajat dari luar negeri diizinkan mendaftar tetapi wajib memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  5. Tidak dinyatakan lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, dan 2022.
  6. Peserta yang akan memilih program studi Saintek pada UTBK mengikuti TPS dan TKA Saintek;
  7. Peserta yang akan memilih program studi Soshum pada UTBK mengikuti TPS dan TKA Soshum;
  8. Peserta yang akan memilih program studi Campuran (kelompok Saintek dan kelompok Soshum) pada UTBK mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.
  9. Dinyatakan sehat sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi di bangku kuliah.
  10. Peserta UTBK yang memilih program studi yang berkaitan dengan bidang Seni dan bidang Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  11. Peserta tuna netra UTBK SBMPTN wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra (formulir dapat diunduh di website LTMPT)
  12. Membayar biaya mengikuti UTBK melalui bank yang ditunjuk (Mandiri, BNI, BTN, dan BRI). Biaya yang diperlukan untuk mengikuti UTBK kelompok saintek adalah Rp 200.000, biaya UTBK kelompok soshum adalah Rp 200.000, sedangkan biaya UTBK kelompok campuran adalah Rp 300.000.

Setelah Anda memenuhi syarat lulus SBMPTN 2022 yang ada diatas maka anda perlu mendaftar ke link berikut ini https://portal.ltmpt.ac.id. Berikut adalah panduan cara mendaftar SBMPTN yang telah ditentukan. 

  1. Mengisi Biodata Lengkap
  2. Memilih Program Studi
  3. Mengunggah Portofolio
  4. Memilih Pusat UTBK
  5. Lihat Nomor Pendaftaran
  6. Konfirmasi Kartu Peserta
  7. Unduh Kartu Peserta (wajib)

Tips dan Trik

Seperti yang kita ketahui, Masuk PTN adalah hal yang sangat sulit namun bukan berarti tidak mungkin kita lakukan. Lantas hal apa saja ya yang perlu kita siapkan? Yuk simak tips dan trik lolos SBMPTN di bawah ini !

1. Membuat jadwal belajar

Hal ini akan membantu anda untuk lebih semangat dalam melakukan pembelajaran dan juga tidak lelah belajar terus menerus. Ubah perspektif dalam membuat jadwal belajar dari “Time-Oriented” menjadi “Task-Oriented”. Artinya, sebaiknya kamu tidak fokus pada sebanyak apa waktu yang harus dihabiskan untuk belajar (time-oriented) dalam sehari atau seminggu, melainkan membuat daftar materi dan soal apa saja yang akan kamu pelajari dahulu (task-oriented).

2. Tetap olahraga di tengah kesibukan yang padat 

Persiapkan fisik dengan baik karena fisik yang sehat akan menunjang kelancaran dalam mengerjakan soal-soal UTBK. Luangkan waktu seminggu sekali untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Agar tidak mudah terserang penyakit yang dapat menghambat laju pembelajaran.  Tidur yang  cukup sebelum UTBK dilaksanakan pun penting agar kamu tetap fokus dan konsentrasi selama ujian.

3. Ikuti try out SBMPTN untuk melatih kemampuan kamu

Banyak media-media yang menawarkan try out SBMPTN seperti bimbel SBMPTN dari Latis Education untuk kalangan pelajar maupun alumni. Hal itu diperlukan agar para peserta SBMPTN dapat mengukur kemampuannya dalam mengerjakan soal, dan menentukan tingkat kelulusan peserta melalui beberapa kali try out. 

Selain itu mengerjakan latihan soal juga memiliki banyak manfaat salah satu nya agar kita terbiasa dengan bentuk dan pola soal yang akan dikeluarkan pada saat ujian nanti. 

Itulah informasi mengenai syarat lulus SBMPTN 2022 dan juga tips serta triknya yang dapat kamu coba. Semoga kamu mendapatkan universitas yang kamu inginkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top