Makin Pede Ikut SNBT Melalui Les Intensif SNBT

Les intensif SNBT

Waduh waduh waduh, jaman sekarang makin banyak aja anak-anak berprestasi nih. Kalian merasa insecure ga? Kesempatan masuk PTN atau PTS ternama sesuai jurusan emang ga mudah bagi kita yang “biasa”. Tapi bukan berarti harus minder ya! Masih ada les intensif SNBT yang bisa membantu kita naik kelas nih!

Apaan Sih Les Intensif SNBT?

Les intensif SNBT
Sumber Freepik

Les intensif SNBT merupakan wadah atau sarana supaya kalian bisa makin intens belajar untuk menghadapi SNBT. Di rumah pasti banyak gangguannya. Entah disuruh emak ke warung, direcokin adek, diajak temen hangout, dan berbagai macam gangguan lainnya.

Nah ini nih, ga cocok banget deh untuk kalian yang sulit mengatakan NO terhadap gangguan-gangguan macem itu. Mau ga mau, suka tak suka, kalian harus cari tempat yang bisa bikin semangat. Salah satunya dengan ikut les ini. Ga perlu jauh-jauh mendaki gunung lewati lembah demi mendapatkan kefokusan kalian.

Sesusah itu kah SNBT? Berikut adalah beberapa fakta mengenai SNBT dari web bimbel kedokteran:

  1. Pada SNBT, Tes Kemampuan Akademik (TKA) dihapuskan sehingga peserta tidak lagi berfokus pada mata pelajaran sesuai dengan kelompok-kelompok ujian (Soshum, Saintek dan Campuran) pada seleksi masuk PTN.
  2. Materi tes SNBT berfokus pada tes skolastik untuk mengukur kemampuan siswa dalam beberapa hal, yaitu: – Potensi kognitif, – Penalaran matematika, – Literasi dalam bahasa Indonesia, dan – Literasi dalam bahasa Inggris.
  3.  SNBT lebih menekankan penalaran ketimbang hafalan.
  4.  Jumlah Kuota SNBT : Jumlah kuota antara PTN dan PTN Badan Hukum (PTN-BH) dibedakan pada seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) PTN.
  5. Daya tampung SNBT tercantum dalam pasal 15 ayat 3 Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022. Bagi SNBT di kampus PTN, daya tampung minimalnya 40 persen. Sementara itu, daya tampung SNBT di kampus PTN-BH yaitu minimal 30 persen.
  6. Peraturan Baru dalam SNBT Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 juga menjelaskan aturan terbaru mengenai skema SNBT.
Baca juga :   Struktur Pasar dalam Ekonomi: Pengertian, Implikasi, dan Contoh Soal

Aturan SNBT

– Calon mahasiswa dapat mengikuti tes SNBT sebanyak 2 kali.

– Ketentuan yang tercantum pada pasal 6 ayat 3 menjelaskan bahwa SNBT dapat dilaksanakan beberapa kali dalam tahun berjalan dan setiap calon mahasiswa dapat mengambil kesempatan paling banyak 2 kali tes.

–  PTN dapat menambahkan persyaratan tambahan portofolio untuk Prodi Seni dan Olahraga

– PTN dapat menambahkan persyaratan SNBT mengenai portofolio untuk prodi yang membutuhkan keterampilan fisik, seperti Profi Seni dan Olahraga. Namun, pihak PTN tetap harus mengajukan penambahan persyaratan kepada Kementerian. Aturan ini tersemat dalam pasal 7 ayat 2.

– Tidak ada lagi kelompoK SAINTEK, SOSHUM, dan Campuran dalam proses ujian atau tes seleksinya. Beberapa kemudahan diharapkan akan membawa transformasi kemajuan dan bukan malah membuat degradasi kemajuan.

Harapannya sih begitu ya.. kalian dibiasakan dengan konsep dan bagaimana cara kalian memandang masalah. Karena memang solusi yang dibutuhkan, bukan sekedar teori menghadapi bangku perkuliahan. Kalo itu sih anak SD juga bisa ya! Tapi kan sebagai Maha siswa, kalian harusnya jadi Maha. Artinya jadi pakar, bukan lagi menye-menye.

Tes Kognitif, Seseram Apa?

Les intensif SNBT
Sumber Freepik

Di tahun 2023 ini ada yang namanya Tes kognitif. Jadi tes ini merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan logika calon mahasiswa baru beserta kemampuan analisis terhadap masalah.

Soal-soal tes kognitif yang akan diujikan sangat berkaitan dengan kemampuan problem solving serta kemampuan nalar. Contohnya begini:

A. Mobil tamiya Fikar finish lebih dulu dari mobil tamiya Cika tetapi lebih akhir dari mobilnya si Andri .

Mobil tamiya Azka finish lebih akhir dari mobil tamiya Fikar tetapi lebih dulu dari mobil tamiya Rahman.

Mobil tamiya Putra finish lebih dulu dari mobil tamiya Cika dan mobil tamiya Rahman.

Baca juga :   Syarat UTBK - SBMPTN Tahun 2021

Tiga mobil tamiya yang finish pertama adalah ……

A. Rahman, Fikar, Andri

B. Fikar, Andri, Putra

C. Fikar, Rahman, Cika

D. Fikar, Putra, Andri

E. Andri, Rahman, Cika

Pembahasan:

Mobil tamiya yang finish “lebih lambat” digambarkan dengan tanda “<”.

Kondisi yang tersedia di soal dapat ditulis seperti berikut:

• F<C<A

• F<A<R

• P<C dan P<R

 

Lalu pada soal, ditanyakan “Tiga mobil tamiya yang finish pertama”, sehingga hubungan-hubungan yang tersedia harus diurutkan terlebih dahulu. Setelah diurutkan, maka akan didapatkan tanda yang mana semakin ke kanan semakin cepat.

Sehingga, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Contoh lainnya:

B. Enam buah buku disusun dari kiri ke kanan.

• Buku bahasa Indonesia tidak diletakkan di sebelah buku biologi atau buku sosiologi.

• Buku geografi diletakkan bersebelahan dengan buku sosiologi.

• Buku bahasa Indonesia berdekatan dengan buku fisika dan buku fisika diletakkan disebelah buku geografi.

• Buku biologi berada di paling kiri.

• Buku kimia di sebelah kiri buku bahasa Indonesia.

• Buku sosiologi ada di ujung kanan.

Buku yang berada di urutan ketiga dari kiri adalah ……

A. Fisika

B. Geografi

C. Sosiologi

D. Bahasa Indonesia

E. Kimia

Pembahasan:

Untuk menyelesaikan soal lebih mudah, terlebih dahulu urutkan kondisi yang tersedia sehingga ilustrasinya menjadi sebagai berikut:

Buku biologi berada di paling kiri.

Buku sosiologi ada di ujung kanan.

Buku geografi diletakkan bersebelahan dengan buku sosiologi.

Buku bahasa Indonesia berdekatan dengan buku fisika dan buku fisika diletakkan disebelah buku geografi.

Buku kimia di sebelah kiri buku bahasa Indonesia.

Buku bahasa Indonesia tidak diletakkan di sebelah buku biologi atau buku sosiologi.

Baca juga :   Serba Serbi Kenapa Harus Ikut Bimbel SNBT

Kondisi-kondisi diatas jika diilustrasikan akan menghasilkan jawaban D. Bahasa Indonesia

Wah mantep banget ya! Kalian juga bisa membuat gambar-gambar agar lebih mudah menyelesaikan soal-soal itu lho. Harapannya memang imajinasi kalian supaya lebih berkembang.

Gimana nih sahabat Latis sudah mulai berpusing-pusing ria? Sama dong! Biar ga pusing ayo segera kita cari bimbel snbt. Kalo kalian di Jakarta, cari aja les privat snbt ya! Kalian juga harus makin rajin nih latihan soal-soal!

Referensi:

1. mamikos.com

2. bimbel-kedokteran.com

Pecahan senilai

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top