Nilai Minimal Lulus SBMPTN yang Wajib Kamu Tahu

nilai minimal lulus sbmptn

Seleksi Bersama Masuk Perguruan tinggi negeri (SBMPTN) merupakan salah satu jalur tes untuk masuk perguruan tinggi negeri setelah SNMPTN. Biasanya Pelajar yang mengikuti SBMPTN ialah pelajar yang tidak memenuhi kriteria pada SNMPTN sehingga dinyatakan tidak lolos.

Berbeda dengan SNMPTN yang menggunakan seleksi nilai Raport Sekolah untuk dinyatakan Lulus perguruan tinggi negeri. justru SBMPTN menggunakan sistem tes yang berbayar, kamu perlu menyiapkan uang Rp.200 Ribu untuk Saintek dan Soshum. Sedangkan Rp.300 Ribu untuk Campuran.

Perlu kamu ketahui, bahwa kuota SBMPTN ini sangatlah besar jika dibandingkan SNMPTN dan mandiri. jadi ada peluang besar untuk kamu bisa lolos pada jalur SBMPTN ini. Asalkan ada niat dan kemauan yang besar untuk bisa lolos di jalur ini.

Sebagai Motivasi awal, sebaiknya kamu selalu berfikir positif untuk bisa lolos tes dan tetap berdoa kepada tuhan agar selalu diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal tes SBMPTN ini. tentunya dibarengi dengan dengan pengetahuan kamu mengenai passing grade nilai-nilai serta passing grade kampus dan jurusan yang ingin kamu tuju. 

Berikut ulasan terkait nilai minimal bisa lulus SBMPTN yang perlu kamu tahu untuk acuan agar tetap semangat dalam belajar.

Cek daya tampung Jurusan SBMPTN

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu perlu memastikan bahwa jurusan yang kamu tuju memiliki kuota dan passing grade nilai yang bisa kamu sanggupi. hal tersebut bertujuan agar bisa mengukur seberapa pantasnya dirimu untuk mendapatkan jurusan yang ingin kamu tuju. hal tersebut juga sangat penting apalagi pelajar lain juga berusaha untuk mendapatkan jurusan yang di idamkan.

Berikut cara cek daya tampung kuota jurusan SBMPTN

Pastikan kamu sudah paham terkait daya tampung jurusan di berbagai kampus yang ingin kamu tuju, Setelah kamu tahu mengenai daya tampung ada hal yang perlu kamu juga yaitu kriteria nilai aman saat seleksi SBMPTN.

Nilai Aman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Sebelum kamu tes SBMPTN maka pastikan kamu tahu nilai aman seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). 

Pertama, nilai aman yang perlu kamu dapat adalah diatas 655. jika kamu mendapatkan nilai 655, maka bisa dikatakan kamu ada peluang untuk mendapatkan perguruan tinggi yang selama ini kamu inginkan. Untuk kamu yang mendapatkan nilai dibawah 655. seperti nilai antara 550 sampai 655 jangan berkecil hati.

Sebab, kamu tetap bisa memilih perguruan tinggi yang kamu inginkan, tetapi kamu harus bijak dengan memilih perguruan tinggi negeri dengan melihat nilai yang kamu miliki. Cobalah mulai mencari perguruan tinggi yang sedikit peminatnya agar mengurangi daya saing masuk ke perguruan tinggi tersebut.

Sebagai Pejuang SBMPTN kamu perlu cerdas dalam membaca peluang dan strategi untuk bisa mendapatkan kampus impian kamu dan impian orang tua, tentu dengan cara berusaha. Karena tuhan akan membantu orang yang berusaha dan bekerja keras.

Itulah beberapa penjelasan penting terkait UTBK khususnya dalam nilai minimal lulus SBMPTN yang perlu kamu ketahui sebagai pejuang SBMPTN. mulai sekarang kamu harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang, kamu juga dapat mempersiapkan diri bersama bimbel SBMPTN dari Latis Education yang siap membantu kamu agar kamu masuk universitas yang kamu inginkan. 

1 thought on “Nilai Minimal Lulus SBMPTN yang Wajib Kamu Tahu”

  1. Pingback: Materi SBMPTN – Eksponen dan Logaritma – Matematika Kelas X - Les Privat SBMPTN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top