Batuan dan Tanah: Pengertian, Contoh Soal & Pembahasan | SIMAK UI SOSHUM

batuan dan tanah

Halo, Sahabat SNBT!

Dalam ilmu geografi, batuan dan tanah adalah dua unsur yang sangat penting dalam memahami karakteristik permukaan Bumi dan proses-proses yang terjadi di dalamnya. Artikel ini akan menguraikan pengertian, jenis, dan peran penting batuan dan tanah dalam konteks geografi.

Baca juga : Bimbel CPNS

Pengertian Batuan dan Tanah

batuan dan tanah

Sumber: Freepik

A. Batuan

Merupakan benda padat yang terdiri dari mineral-mineral yang terikat bersama. Batuan terbentuk melalui berbagai proses geologis yang melibatkan perubahan suhu, tekanan, dan zat kimia di dalam Bumi. Batuan dapat dibagi menjadi tiga jenis utama:

1. Batuan Sedimen: Batuan ini terbentuk dari endapan partikel-partikel yang mengendap di dasar laut, sungai, atau danau. Contoh batuan sedimen termasuk batu pasir, batu kapur, dan batu lempung.

2. Batuan Beku: Batuan beku terbentuk dari pendinginan magma atau lava. Batuan granit dan basalt adalah contoh batuan beku.

3. Batuan Metamorf: Batuan ini terbentuk dari perubahan batuan lain akibat suhu dan tekanan tinggi. Contoh batuan metamorf adalah marmer dan lempung termetamorf.

B. Tanah

Adalah lapisan permukaan Bumi yang terdiri dari mineral-mineral, bahan organik, air, dan udara. Ini adalah medium yang mendukung pertumbuhan tumbuhan dan memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem dan keseimbangan ekologi. Tanah dapat dibagi menjadi beberapa horison, termasuk topsoil (horison paling atas), subsoil, dan parent material.

Baca juga : Bimbel CPNS Jakarta

Peran Penting Batuan dan Tanah dalam Ilmu Geografi

batuan

Sumber: Freepik

Peranan penting dari batuan dan tanah adalah berikut ini:

1. Lanskap dan Relief: Batuan memainkan peran penting dalam membentuk lanskap dan relief geografis. Beberapa daerah memiliki pegunungan tinggi yang terbentuk oleh batuan beku, sementara lembah-lembah dapat terbentuk akibat erosi tanah yang lebih lunak.

2. Pertanian dan Kehidupan Tumbuhan: Tanah adalah media tempat tumbuhnya tanaman dan menciptakan kesuburan untuk pertanian. Jenis tanah yang berbeda memiliki kemampuan yang berbeda dalam mendukung pertumbuhan tanaman tertentu.

3. Sumber Daya Mineral: Batuan mengandung sumber daya mineral yang penting bagi industri dan ekonomi. Logam seperti emas, besi, dan tembaga diekstraksi dari batuan.

Baca juga :   Dimana Ya Bimbel UTBK Yang Terjangkau?

4. Perubahan Iklim: Tanah juga berperan dalam perubahan iklim. Tanah yang sehat dapat menyimpan karbon dan membantu mengurangi efek rumah kaca, yang dapat memengaruhi pola iklim global.

5. Geologi dan Bencana Alam: Pemahaman tentang jenis batuan dan tanah di suatu wilayah dapat membantu dalam pemantauan potensi bencana alam seperti tanah longsor, gempa bumi, dan letusan gunung berapi.

Proses Terbentuknya Batuan dan Tanah

tanah

Sumber: Freepik

Proses ini melibatkan serangkaian peristiwa geologis dan kimia yang terjadi selama jutaan tahun. Berikut adalah penjelasan singkat bagaimana kedua elemen ini terbentuk:

Baca juga: Teori Asam Basa: Pengertian, Sifat, dan Contoh Soal | Kimia 11 SMA

Terbentuknya Batuan

1. Peleburan dan Pendinginan Batuan Beku: Beberapa batuan terbentuk melalui peleburan batuan sebelumnya, seperti ketika batuan beku seperti magma atau lava mendingin dan membeku. Ini menciptakan batuan beku seperti granit atau basalt.

2. Kompaksi dan Cementasi Batuan Sedimen: Batuan sedimen terbentuk dari endapan partikel-partikel yang mengendap di dasar air seperti sungai, danau, atau laut. Ketika endapan ini menumpuk, tekanan dan waktu menyebabkan partikel-partikel ini menjadi padat dan membentuk batuan sedimen seperti batu pasir, batu kapur, atau batu lempung. Proses ini disebut kompaksi dan cementasi.

3. Transformasi Batuan Metamorf: Batuan metamorf terbentuk melalui perubahan batuan lain akibat suhu dan tekanan yang tinggi. Ini bisa terjadi saat batuan eksisting mengalami metamorfosis akibat tekanan dan suhu tinggi. Contohnya, batu kapur yang mengalami tekanan dan panas dapat berubah menjadi marmer.

Terbentuknya Tanah

1. Pelapukan Fisik: Ini adalah proses pemecahan batuan menjadi fragmen-fragmen lebih kecil melalui tindakan fisik seperti perubahan suhu, getaran, dan tekanan. Proses ini menciptakan tanah kasar.

2. Pelapukan Kimia: Ini melibatkan perubahan kimia dalam batuan yang mengubah komposisinya. Air hujan, angin, dan reaksi kimia menguraikan mineral-mineral dalam batuan. Hasil dari pelapukan kimia adalah mineral-mineral yang lebih larut dalam air, yang dapat membentuk lapisan tanah.

3. Pelapukan Biologis: Tanaman, hewan, dan mikroorganisme berperan dalam pelapukan biologis. Akar tanaman dapat merusak batuan ketika tumbuh, dan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur menghasilkan zat-zat yang menguraikan batuan.

Baca juga :   Matematika Dasar Soal Paling Sulit di SBMPTN

4. Akumulasi Bahan Organik: Bahan organik seperti dedaunan, serasah, dan bahan-bahan organik lainnya terakumulasi di atas tanah. Ini membentuk lapisan organik atau lapisan humus di atas tanah yang subur.

5. Diferensiasi Horison: Di dalam tanah yang berkembang, lapisan-lapisan atau horison terbentuk. Horison-horison ini memiliki karakteristik berbeda seperti horison topsoil yang kaya akan bahan organik dan nutrisi, serta horison subsoil yang lebih padat.

Proses terbentuknya tanah dan batuan adalah contoh yang menarik dari bagaimana faktor-faktor alam seperti waktu, tekanan, suhu, air, dan organisme dapat bekerja bersama-sama untuk membentuk elemen-elemen penting dalam ilmu geografi.

Contoh Soal dan Pembahasan

batuan dan tanah

Sumber: Freepik

Berikut contoh soal beserta pembahasannya mengenai batuan dan tanah:

Baca juga: Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Soal 1

Apa yang menyebabkan terbentuknya batuan sedimen?

A. Pendinginan dan pembekuan magma.
B. Pemanasan dan pemadatan partikel-partikel.
C. Transformasi batuan oleh panas dan tekanan tinggi.
D. Pecahan batuan oleh aktivitas tektonik.

Jawaban 1: B. Pemanasan dan pemadatan partikel-partikel.

Pembahasan 1: Batuan sedimen terbentuk dari endapan partikel-partikel yang mengendap dan kemudian mengalami pemadatan oleh tekanan.

Soal 2

Batuan granit terbentuk melalui proses apa?

A. Pendinginan magma.
B. Transformasi batuan oleh panas dan tekanan tinggi.
C. Akumulasi endapan sungai.
D. Pelapukan kimia batuan sedimen.

Jawaban 2: A. Pendinginan magma.

Pembahasan 2: Batuan granit adalah contoh batuan beku yang terbentuk melalui pendinginan magma.

Soal 3

Proses apa yang mengubah batuan kapur menjadi marmer?

A. Pendinginan dan pembekuan magma.
B. Pemanasan dan pemadatan partikel-partikel.
C. Transformasi oleh panas dan tekanan tinggi.
D. Pelapukan kimia oleh air hujan.

Jawaban 3: C. Transformasi oleh panas dan tekanan tinggi.

Pembahasan 3: Marmer adalah contoh batuan metamorf yang terbentuk melalui transformasi batuan kapur oleh panas dan tekanan tinggi.

Soal 4

Tanah subur biasanya memiliki lapisan tanah bagian atas yang disebut?

Baca juga :   Rumus-rumus Polinomial

A. Horison subsoil.
B. Horison parent material.
C. Horison topsoil.
D. Horison bedrock.

Jawaban 4: C. Horison topsoil.

Pembahasan 4: Horison topsoil adalah lapisan tanah paling atas yang kaya akan bahan organik dan nutrisi, dan seringkali sangat subur.

Soal 5

Proses apa yang bertanggung jawab atas pembentukan lapisan humus di atas tanah?

A. Pelapukan fisik.
B. Pelapukan kimia.
C. Pelapukan biologis.
D. Pelapukan oleh air sungai.

Jawaban 5: C. Pelapukan biologis.

Pembahasan 5: Lapisan humus di atas tanah terbentuk melalui pelapukan biologis oleh organisme seperti mikroorganisme dan tanaman.

Soal 6

Apa yang disebut dengan proses perubahan batuan oleh tekanan dan suhu tinggi tanpa meleleh?

A. Pelapukan batuan.
B. Transformasi batuan metamorf.
C. Pendinginan dan pembekuan magma.
D. Pembentukan batuan sedimen.

Jawaban 6: B. Transformasi batuan metamorf.

Pembahasan 6: Transformasi batuan metamorf adalah proses perubahan batuan oleh tekanan dan suhu tinggi tanpa meleleh, menghasilkan batuan baru.

Soal 7

Apa yang merupakan salah satu peran penting tanah dalam ekologi?

A. Membentuk gunung dan lembah.
B. Menyimpan emas dan berlian.
C. Mendukung pertumbuhan tanaman dan ekosistem.
D. Membentuk lapisan atmosfer.

Jawaban 7: C. Mendukung pertumbuhan tanaman dan ekosistem.

Pembahasan 7: Tanah adalah medium yang mendukung pertumbuhan tanaman dan berperan penting dalam menjaga ekosistem dan keseimbangan ekologi.

Semoga soal-soal dan pembahasannya ini membantu Anda memahami lebih baik tentang batuan dan tanah dalam ilmu geografi.

Batuan dan tanah adalah elemen penting dalam ilmu geografi yang memengaruhi banyak aspek kehidupan di Bumi. Pemahaman tentang bagaimana batuan terbentuk dan bagaimana tanah memengaruhi lanskap dan ekosistem sangat penting dalam menjaga keseimbangan alam dan keberlanjutan planet kita.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.lesprivatsbmptn.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Lesprivatsbmptn!

 

Referensi :

1. Gramedia

2. detik.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top