Panduan Cara Daftar SNMPTN Terlengkap

cara daftar snmptn

Salah satu jalur masuk universitas yang bisa kamu tempuh adalah jalur masuk SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Jalur ini disebut juga jalur undangan, karena dengan melihat nilai raport dari semester 1 sampai dengan semester 5, hanya siswa berprestasi yang direkomendasikan oleh sekolah sajalah yang dapat mengikuti jalur ini.

Pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dibuka pada hari Senin tanggal 15 Februari 2021 pukul 15:00 WIB, dan ditutup pada tanggal 24 Februari 2021 pukul 15:00 WIB.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui link portal LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui link https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Jika kamu adalah siswa yang dinyatakan eligible dan belum mendaftar jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), berikut ini adalah cara daftar SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang perlu kamu lakukan.

  1. Login Melalui Akun LTMPT

Cara daftar SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang pertama adalah dengan login ke halaman portal LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi)

melalui link https://portal.ltmpt.ac.id.

Siswa yang dapat masuk login ke halaman portal LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) adalah siswa yang telah memiliki akun dan memiliki nilai lengkap di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Setelah berhasil login, kamu bisa klik pada bagian “pendaftaran SNMPTN” lalu checklist box “saya menyetujui” dan kemudian klik “proses”

  1. Memilih Prodi dan Universitas

Pada halaman selanjut, kamu bisa klik “formulir pendaftaran”. Setelah klik “formulir pendaftaran”, kamu akan masuk pada halaman untuk memilih Perguruan Tinggi. Kamu hanya bisa memilih dua Perguruan Tinggi dan Program Studi.

  1. Mengisi Form Biodata

Setelah memilih Perguruan Tinggi dan Program Studi, tahap selanjutnya adalah dengan mengisi form biodata. Pada halaman ini kamu harus cek kembali apakah biodata yang ditampilkan sudah sesuai atau belum. Lengkapi bagian yang masih kosong seperti biodata orang tua. 

Kemudian jika sudah mengisi dan memeriksa kembali dengan teliti, checklist box dan kemudian klik “selesai dan simpan”

  1. Mengisi Portofolio

Pada tahap ini bersifat tidak wajib karena tidak semua Program Studi meminta hal ini. Jika Program Studi yang kamu pilih meminta portofolio, maka kamu harus menyiapkannya

  1. Mengisi Prestasi

Selanjutnya adalah halaman prestasi. Pada halaman tidak bersifat wajib, namun akan menjadi nilai lebih jika kamu bisa melampirkan bukti prestasi kamu seperti piagam atau penghargaan.

Kamu bisa mengupload bukti prestasi tersebut maksimal sebanyak 3 bukti prestasi terbaik kamu. Pastikan kamu melakukan upload dalam format PDF dan tidak lebih dari 2 MB.

  1. Cek Kembali Semua Data

Pada tahap selanjutnya ini kamu bisa cek kembali semua data dan biodata yang telah kamu masukan. Perlu kamu ingat bahwa kamu tidak dapat merubah data jika melewati tahap ini. 

Pastikan kembali kamu sudah yakin dengan pilihan Perguruan Tinggi dan Program Studi yang kamu ambil, pastikan juga biodata diri dan orang tua sudah sesuai. Jika sudah yakin bahwa semua sudah benar, klik “simpan permanen”

  1. Cetak Kartu

Setelah semua data sudah tersimpan, langkat terakhir adalah mencetak kartu peserta SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kartu peserta SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) berada pada halaman yang sama dengan halaman sebelum. Setelah kartu di unduh, maka tahapan cara daftar SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah selesai kamu lakukan.

Itulah panduan dan tahapan cara daftar SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan perguruan tinggi impian kamu. Semoga informasi ini bermanfaat dan tetap semangat

2 thoughts on “Panduan Cara Daftar SNMPTN Terlengkap”

  1. Pingback: Cara Daftar SBMPTN Tahun 2021 - Les Privat SBMPTN

  2. Pingback: Biaya Kedokteran UNPAD – Bimbel Kedokteran UI

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top