Modernisasi dan Globalisasi: Pengertian dan Contoh Soal | SIMAK UI SOSHUM

modernisasi dan globalisasi

Halo, Sahabat SNBT!

Modernisasi dan globalisasi adalah dua fenomena yang saling terkait dan sudah membentuk wajah dunia baru saat ini. Apa maksudnya? Yuk, kita cari tahu informasi selengkapnya di dalam artikel ini!

Kita juga akan menjelajahi dampak, tantangan, dan manfaat dari modernisasi dan globalisasi, serta bagaimana keduanya membentuk perubahan dalam berbagai aspek kehidupan kita. Jadi, simak sampai habis ya!

Baca juga: Biosfer: Pengertian, Contoh Soal & Pembahasan | SIMAK UI SOSHUM

Pengertian Modernisasi

modernisasi dan globalisasi

Sumber: Freepik

Modernisasi mengacu pada proses transformasi masyarakat dari pola kehidupan tradisional ke pola kehidupan baru yang lebih modern. Ini melibatkan perubahan dalam struktur ekonomi, sosial, politik, dan budaya. Beberapa aspek modernisasi meliputi:

1. Teknologi

Perkembangan dalam teknologi menjadi salah satu pendorong utama modernisasi. Inovasi seperti internet, komunikasi seluler, dan kecerdasan buatan telah mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Perubahan tersebut sama sekali tidak terelakkan dan hampir semua lapisan masyarakatpun turut merasakan perubahannya secara siginifikan.

2. Urbanisasi

Modernisasi seringkali diikuti adanya urbanisasi, di mana masyarakat beralih dari kehidupan di pedesaan ke kehidupan di perkotaan. Hal ini menciptakan pusat-pusat ekonomi yang kuat, baru, dan meningkatkan mobilitas penduduk.

Selain itu, digalakkanya program urbanisasi juga bertujuan untuk meratakan jumlah penduduk yang ada di suatu daerah. Tidak hanya menumpuk pada satu wilayah sehingga timbul lebih banyak masalah baru karena penduduknya melebihi kapasitas yang ada atau too crowded.

Coba bayangkan, apabila persebaran masyarakatnya lebih merata, akan ada lebih banyak kesempatan baru pula yang dapat diisi sehingga pola perekonomianpun bisa meningkat, menjadi lebih kreatif, dan membuka lapangan pekerjaan baru.

3. Pendidikan dan Pengetahuan

Modernisasi sering pula ditandai dengan peningkatan sistem pendidikan dan akses terhadap pengetahuan. Masyarakat yang mengalami modernisasi cenderung lebih terdidik dan memiliki tingkat literasi yang lebih tinggi.

Baca juga: Batuan dan Tanah: Pengertian, Contoh Soal & Pembahasan | SIMAK UI SOSHUM

Pengertian Globalisasi

modernisasi dan globalisasi

Sumber: Freepik

Globalisasi merupakan integrasi dan interaksi antarnegara, budaya, dan pasar di seluruh dunia. Perubahan ini telah menciptakan dunia yang lebih terkoneksi dan interdependen, di mana beberapa aspek globalisasi meliputi:

Baca juga :   Sosiologi Sebagai Ilmu | SIMAK UI Soshum

1. Perdagangan Internasional

Globalisasi membuka pintu bagi perdagangan internasional yang intensif. Produk dan layanan dapat dengan mudah berpindah melintasi batas-batas negara, menciptakan peluang ekonomi dan meningkatkan standar hidup.

Baca juga : Bimbel CPNS

2. Kemajuan Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi yang maju, seperti internet dan media sosial, memfasilitasi pertukaran informasi secara global. Hal ini memungkinkan setiap orang dapat terhubung dan berinteraksi tanpa memandang jarak serta waktu.

3. Cultural Exchange

Globalisasi membawa pertukaran budaya yang luas. Musik, film, kuliner, dan gaya hidup dapat dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia, menciptakan keberagaman dan mengintegrasikan unsur-unsur budaya dengan perkembangan yang ada.

Adanya pertukaran budaya ini juga turut mengembangkan keragaman budaya di dunia sehingga setiap orang di penjuru dunia dapat saling belajar dan menghargai tiap budaya yang ada. Cultural exchange ini sendiri dapat membuka peluang dunia untuk lebih menghargai perbedaan.

Di mana perbedaan sejatinya bukanlah suatu pemisah atau pembeda antar tiap bangsa, ras, dan wilayah suatu negara, melainkan kekayaan kehidupan yang dapat hidup secara berdampingan.

Tantangan dan Manfaat Adanya Modernisasi dan Globalisasi

modernisasi dan globalisasi

Sumber: Freepik

Di samping kelebihan yang dapat kita nikmati hari ini, modernisasi dan globalisasi memiliki tantanganya sendiri. Namun, manfaat dari munculnya perkembangan pola ini membuka banyak peluang baru bagi tiap individu untuk terus meningkatkan kualitas diri dan sebagainya.

Berikut ini tantangan dan manfaat dari adanya modernisasi dan globalisasi, antara lain:

1. Tantangan Ekonomi

Meskipun globalisasi membuka pintu bagi peluang ekonomi, ini juga menciptakan ketidaksetaraan ekonomi dan ketidakpastian pekerjaan di beberapa wilayah. Khususnya di wilayah yang masih tertinggal atau wilayah yang langsung terkena dampak pemanasan global sehingga mempersulit masa panen dan penurunan kualitas panen.

Baca juga : Bimbel CPNS Jakarta

2. Pemeliharaan Identitas Budaya

Terkadang, modernisasi dan globalisasi dapat menimbulkan kekhawatiran akan hilangnya identitas budaya lokal. Pemeliharaan warisan budaya menjadi tantangan yang penting bagi setiap warga negara. Hal ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama.

Baca juga :   Kebijakan Fiskal, Moneter, dan Perdagangan Internasional: Soshum SBMPTN

Baik masyarakat lokal maupun masyarakat yang sama-sama memiliki kearifan lokal yang mirip, contohnya kebudayaan di wilayah Sumatera Utara bagian utara (Batak Karo) dan Sumatera Utara bagian selatan (Batak Madina).

Tentunya pemeliharaan, perkembangan, dan pelestarian kebudayaan ini perlu kerjasama tiap individu dan instansi terkait.

3. Tantangan Lingkungan

Pertumbuhan ekonomi yang cepat dan pola konsumsi global dapat memberikan tekanan besar pada lingkungan. Perlindungan lingkungan dan keberlanjutan menjadi isu kritis bagi generasi masa kini.

Terutama bagi para generasi milenial atau gen Z yang akrab sekali dengan perkembangan teknologi. Berdasarkan data umum terkini terkait isu krisis iklim, generasi hari ini merupakan generasi pertama dan terakhir yang akan melihat serta yang memiliki tanggung jawab terbesar dari kejatuhan ekosistem secara keseluruhan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi generasi hari ini memiliki kesadaran yang tinggi akan perlindungan lingkungan dan menemukan solusi bersama untuk mengatasi pencemaran yang kian memburuk.

4. Kolaborasi Global untuk Solusi

Meskipun ada tantangan, modernisasi dan globalisasi juga membawa manfaat besar. Kolaborasi global dalam mengatasi isu-isu seperti perubahan iklim, kesehatan global, dan kemiskinan menjadi lebih mungkin. Seperti yang sedikit disinggung di atas, kerjasama dari berbagai pihak sangat dibutuhkan.

Apalagi mengingat jumlah masyarakat bumi hari ini yang sudah mencapai angka 8 miliar orang. Apabila kita terus menggerakkan kolaborasi untuk memperbaiki dan menemukan solusi bersama terkait isu-isu besar yang ada, masa depan yang lebih baik sangat mungkin untuk dicapai.

Contoh Soal dan Pembahasan

modernisasi dan globalisasi

Sumber: Freepik

Soal 1

Apa yang dimaksud dengan modernisasi?

A. Pergeseran kehidupan dari pedesaan ke perkotaan.

B. Pertukaran budaya secara global.

C. Integrasi ekonomi antarnegara.

D. Peningkatan teknologi komunikasi.

Jawaban: A. Pergeseran kehidupan dari pedesaan ke perkotaan.

Pembahasan: Modernisasi melibatkan perubahan dari pola hidup tradisional, seperti beralih dari kehidupan pedesaan ke kehidupan perkotaan.

Baca juga :   Suku Banyak | Matematika SBMPTN

Soal 2

Apa dampak globalisasi dalam bidang perdagangan?

A. Penurunan akses terhadap informasi.

B. Peningkatan ketidaksetaraan ekonomi.

C. Pembatasan pergerakan barang dan layanan.

D. Peningkatan perdagangan internasional.

Jawaban: D. Peningkatan perdagangan internasional.

Pembahasan: Globalisasi membuka pintu bagi perdagangan internasional yang lebih intensif.

Soal 3

Apa yang menjadi tantangan lingkungan akibat modernisasi dan globalisasi?

A. Peningkatan pekerjaan di sektor hijau.

B. Perlindungan lingkungan yang tidak memadai.

C. Penurunan konsumsi sumber daya alam.

D. Peningkatan kesadaran akan keberlanjutan.

Jawaban: B. Perlindungan lingkungan yang tidak memadai.

Pembahasan: Pertumbuhan ekonomi dan pola konsumsi global dapat menimbulkan tekanan besar pada lingkungan.

Soal 4

Apa yang dapat diakibatkan oleh modernisasi terhadap identitas budaya lokal?

A. Pemeliharaan warisan budaya.

B. Hilangnya identitas budaya lokal.

C. Penurunan kualitas hidup masyarakat.

D. Peningkatan keberagaman budaya.

Jawaban: B. Hilangnya identitas budaya lokal.

Pembahasan: Modernisasi kadang-kadang dapat menimbulkan kekhawatiran akan hilangnya identitas budaya lokal.

Soal 5

Apa yang menjadi salah satu dampak positif globalisasi?

A. Penurunan hubungan antarnegara.

B. Peningkatan ketidaksetaraan ekonomi.

C. Pertukaran budaya yang lebih luas.

D. Pembatasan akses terhadap informasi.

Jawaban: C. Pertukaran budaya yang lebih luas.

Pembahasan: Globalisasi membawa pertukaran budaya yang meluas, seperti dalam musik, film, dan gaya hidup.

Modernisasi dan globalisasi adalah dua kekuatan yang membentuk dunia kita saat ini. Di samping membawa tantangan, potensi transformasi positif yang mereka bawa dapat membentuk masa depan yang lebih terbuka, terkoneksi, dan berkelanjutan.

Penting bagi kita untuk mengelola dampak modernisasi dan globalisasi dengan bijak dan tetap mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan dan keberlanjutan demi masa depan yang lebih baik bagi bumi kita dan generasi yang akan datang.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.lesprivatsbmptn.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Lesprivatsbmptn!

 

Referensi :

1. Warung Sains Teknologi

2. Kompas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top