Kebijakan Fiskal, Moneter, dan Perdagangan Internasional: Soshum SBMPTN

Kebijakan Fiskal, Moneter, dan Perdagangan Internasional akan kita bahas satu per satu pada artikel ini. Siapkan catatan kalian!

Kebijakan Fiskal

Merupakan suatu strategi atau kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah demi menjaga pemasukan dan pengeluaran keuangan negara.

Bagaimana cara mengaturnya? Untuk segi pemasukan, pemerintah mengaturnya dengan pajak. Sedangkan untuk segi pengeluaran, pemerintah mengaturnya melalui anggaran yang dikeluarkan guna membantu program kerja pemerintah.

Di Indonesia, kebijakan fiskal ada pada kewenangan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan RI.

Tujuan Kebijakan Fiskal

Adapun tujuan kebijakan ini antara lain:

A. Meningkatkan potensi SDM

Dengan meningkatkan kualitas SDM, diharapkan tenaga kerja usia produktif memiliki keahlian dan kompetensi yang memadai serta mampu bersaing di dunia kerja baik nasional maupun internasional. Hal ini secara tidak langsung mampu menaikkan taraf ekonomi negara.

B. Menjaga stabilitas harga

Caranya dengan membasmi praktik-praktik kecurangan yang mengganggu stabilitas harga, sehingga komoditas tetap terjangkau bagi masyarakat.

C. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Harapannya kebijakan ini menghasilkan banyak inovasi baru dalam bidang perekonomian sebagai solusi untuk meningkatkan perekonomian dan juga memegang peranan selaku pemangku kebijakan.

D. Mendorong investasi

Dengan kebijakan ini maka para investor tidak ragu untuk menginvestasikan aset mereka.

E. Menciptakan keadilan sosial

Salah satu contohnya adalah Program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dicetuskan oleh Kementrian Keuangan agar masyarakat ekonomi bawah dan rentan, mampu bertahan dari dampak pandemi covid-19. Dengan demikian, kestabilan ekonomi tetap terjaga, dan masyarakat dapat merasakan dampaknya secara langsung.

Instrumen Kebijakan Fiskal

Berikut adalah beberapa instrumen yang mempengaruhi:.

A. Pengeluaran Belanja

Misal pendapatan keluarga menurun, tentunya kita akan berusaha untuk berhemat dan menekan pengeluaran agar terjadi keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran. Dalam konteks negara, nilai belanja negara dapat dikurangi atau ditambah sesuai kebutuhan. Apabila neraca pembayaran negara defisit, maka pemerintah bisa mengurangi pengeluaran belanjanya di sektor tertentu, misalnya penundaan pembayaran THR bagi PNS dan lainnya.

Baca juga :   Link Resmi untuk Melihat Hasil Tes SBMPTN

B. Pajak

Sektor penting dalam instrumen ini adalah pajak baik dari sektor domestik maupun luar negeri. Pemerintah dapat meningkatkan maupun menurunkan daya beli masyarakat melalui pajak. Contohnya jika pajak diturunkan, jumlah output barang dan jasa akan semakin meningkat sehingga meningkatkan daya beli masyarakat. Namun sebaliknya, jika pajak dinaikkan, akan menurunkan output barang dan jasa serta menurunkan daya beli masyarakat. Ini sangat berkaitan dengan kemajuan ekonomi bangsa.

C. Obligasi Publik

Yaitu tentang penerbitan obligasi atau surat utang bagi warga negara. Surat utang ini terkenal dalam bidang investasi. Rakyat yang memiliki dana ditawarkan untuk membeli surat utang dari negara dan negara akan mencicil hutang tersebut beserta bunga pinjaman.

Lantas apa kaitannya dengan moneter?

Kebijakan moneter adalah sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh bank sentral. Bentuknya adalah pengaturan persediaan uang untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan utama dari kebijakan moneter adalah mencegah terjadinya peningkatan uang beredar secara berlebihan atau sangat kurang.

Kurang lebih tujuannya sama dengan kebijakan fiskal. Bahkan instrumennya pun sama.

Perdagangan Internasional

Kebijakan Fiskal

Diwujudkan melalui ekspor impor. Ekspor adalah kegiatan menjual barang/jasa ke luar negeri, sedangkan impor adalah kegiatan membeli barang/jasa dari luar negeri. Kegiatan ekspor dan impor akan memperluas lapangan kerja, menghasilkan devisa negara dan keuntungan lainnya dibidang politik, pertahanan dan sosial budaya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai kebijakan fiskal, moneter, dan perdagangan Internasional. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. lesprivatsbmptn.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga :   Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top