Tenaga Kerja, Pembangunan, dan Pertumbuhan Nasional: Soshum SBMPTN

Tenaga Kerja, Pembangunan, dan Pertumbuhan Nasional adalah tiga hal yang saling berkaitan. Apa pengertian dari ketiga hal tersebut?

Tenaga Kerja

Merupakan setiap orang yang bekerja untuk menghasilkan produk maupun jasa yang berguna bagi masyarakat atau memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pembangunan Ekonomi

Adam Smith mengungkapkan pembangunan ekonomi adalah proses perpaduan antara proses pertumbuhan penduduk dengan kemajuan teknologi. Sementara menurut Schumpeter, pembangunan ekonomi bukan merupakan proses yang harmonis dan gradual melainkan merupakan proses yang spontan dan tidak terputus-putus. Penyebab pembangunan ekonomi adalah perubahan terutama dalam lapangan industri dan perdagangan.

Pertumbuhan Nasional

Suatu negara dianggap berkembang atau mengalami peningkatan secara ekonomi apabila terjadi peningkatan pendapatan per kapita dalam kurun waktu tertentu atau dalam jangka panjang. Namun hal ini bukan berarti kenaikan pendapatan per kapita harus terjadi terus-menerus. Jika suatu negara atau daerah mengalami bencana alam biasanya pendapatan perkapitanya tentunya akan menurun namun hal ini merupakan kejadian tidak terduga yang sifatnya sementara. Bagi suatu negara yang terpenting adalah adanya peningkatan per kapita rata-rata dalam jangka waktu tertentu.

Di sinilah korelasi antara pembangunan dan pertumbuhan nasional terjadi. Dari uraian tersebut, adanya pembangunan ekonomi yang baik akan menghasilkan pertumbuhan nasional yang signifikan. Pembangunan juga akan menyerap tenaga kerja yang cukup banyak.

Apa Tujuan Pembangunan Ekonomi dan Kaitannya dengan Tenaga Kerja?

Pembangunan ekonomi suatu negara bertujuan menciptakan kesejahteraan masyarakat negara itu sendiri.

Salah satunya adalah meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dalam suatu wilayah atau negara dengan pemerataan pendapatan.

Selain itu melakui pembangunan juga terjadi peningkatan kesempatan kerja atau mengurangi angka pengangguran dalam negara. Caranya dengan menambah lapangan pekerjaan yang bisa menyerap banyak tenaga kerja atau SDM.

Baca juga :   Interaksi Sosial: Konsep dan Contoh Soal | SIMAK UI Soshum

Bahkan juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memperbaiki mutu pendidikannya. Dengan demikian terjadi peningkatan pemahaman dan juga sudut pandang masyarakat terhadap budaya nilai-nilai luhur suatu negara yaitu sosial, agama, dan kultur. Tujuannya agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya luar yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku dalam suatu Negara.

Melalui pembangunan, negara dapat menghindari kemungkinan terjadinya inflasi seminim mungkin.

Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan

Tenaga kerja

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan:

A. Sumber Daya Alam

Apabila sumber daya alam (SDA) suatu negara atau wilayah itu terbatas, maka pemerintah harus mampu memanfaatkan sumber daya alam sebijaksana mungkin untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Jika diolah dengan tepat maka pembangunan dapat berkembang baik.

B. Modal

Untuk melaksanakan pemanfaatan pembangunan tentunya diperlukan modal. Modal dapat berupa barang-barang yang digunakan yang memproduksi output yaitu barang dan jasa. Modal bertujuan meningkatkan produksi baik barang dan jasa menunjukkan ekonomi yang sedang berkembang.

C. Tenaga Kerja Manusia

Selain itu juga dibutuhkan tenaga kerja atau sumber daya manusianya (SDM) dalam mengelola SDA maupun modal untuk menciptakan terjadinya pertumbuhan ekonomi suatu negara atau wilayah. Pertambahan SDM juga mempengaruhi meningkatkan jumlah produksi barang maupun jasa.

D. Teknologi

Supaya suatu usaha dapat berjalan atau dilaksanakan dengan efektif dan efisien, maka tentunya pemerintah juga menyediakan dan senantiasa berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi.Β  Selain itu kemajuan teknologi suatu negara atau wilayah juga mampu menimbulkan dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi yang membuat pertumbuhan ekonomi menjadi lebih cepat.

E. Aspek Kehidupan

Adapun yang termasuk dalam aspek kehidupan adalah sosial, budaya, politik, ekonomi dan masyarakat. Dengan meningkatkan aspek kehidupan dapat menjadi suatu tanda atau bukti nyata bahwa sebuah negara atau wilayah sedang mengalami atau sudah mengalami pembangunan ekonomi.

Baca juga :   Eksponen dan Logaritma

Nah, itu dia penjelasan mengenai Tenaga Kerja, Pembangunan Ekonomi, dan Pertumbuhan Nasional.Β Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami diΒ 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. lesprivatsbmptn.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top