Cara Membuat Jadwal UTBK yang Efektif

Memilki tujuan jangka panjang untuk mempersiapkan diri masuk universitas, ada beberapa tantangan besar yang perlu dihadapi, salah satunya adalah: membuat jadwal belajar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN yang efektif guna menghadapi tes seleksi masuk universitas.

Sudah jamak diketahui tes UTBK SBMPTN dan Ujian Mandiri yang notabene harus dirasakan oleh siswa kelas 12 pasti berhadapan dengan jadwal sekolah yang sangat sibuk. Selain itu ada pula calon peserta SBMPTN & UM yang saat ini sedang menjalani kuliah semester awal.

Baca juga : Bimbel SBMPTN , Bimbel Kedokteran , Bimbel Simak UI

Di mana mereka juga akan disibukkan oleh kegiatan perkuliahan, seperti organisasi kemahasiswaan, tugas kuliah, kepanitiaan acara, ujian semester, dan lain-lain. Karena itu perlu trik khusus untuk mempersiapkan UTBK SBMPTN.

Kira-kira pelajaran mana yang harus didahulukan? Bagaimana cara membagi waktu dalam belajar? Semua pertanyaan kamu ada jawabannya disini. Dengan menerapkan jadwal belajar maka setiap pelajaran yang kamu pelajari dapat terserap dengan baik.

Ketika kamu akan memulai latihan dengan soal UTBK, sebaiknya kamu menyelesaikan soal-soal TPS terlebih dahulu. Kenapa? Karena materi UTBK sendiri menjadi sebuah pondasi terhadap thinking skill kamu. Dengan begitu logika dasar dan literasi kamu akan lebih matang dimana nantinya kamu akan lebih mudah dalam mempelajari semua materi TKA.

Baca juga :  Les Privat  ,  Les Calistung Terdekat

Berikut cara membuat jadwal belajar SBMPTN yang benar:

1) Menguasai Logika Matematika

Untuk materi pembelajaran UTBK TPS, sebaiknya kamu mulai dengan menguasai logika matematika. Dimana kamu bisa menguasai 4 subtes TPS, mulai dari Pengetahuan Kuantitatif, Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis. Apabila kamu tidak bisa menguasai logika Matematika dengan baik maka akan sulit bagi kamu untuk mengerjakan soal TPS.

Dengan menguasai sampai 100% tentang Logika Matematika, setidaknya kamu bisa memiliki peluang 80% dapat menjawab setiap pertanyaan. Inti dari pembahasan ini adalah, Logika Matematika bisa diibaratkan sebagai akar dari TPS. Sehingga tanpa mempelajari dan menguasai akarnya, maka kamu tidak bisa tumbuh keatas.

2) Mempelajari Per Subtes TPS

Jika kamu sudah menguasai Logika Matematika dengan baik, maka selanjutnya kamu bisa belajar subtes TPS penalaran umum. Dimana pada materi seperti ini, kamu sebaiknya lebih sering membaca teks bacaan dan mulai melatih kemampuan menganlisa setiap paragraph dalam teks, kurva, grafik sampai table.

Setelah itu, kamu bisa langsung mempelajari tentang Pemahaman Bacaan dan Menulis. Kamu bisa mempelajarinya dengan memperbanyak referensi kaidah Bahasa Indonesia di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top