Koperasi, Badan Usaha, Manajemen, Kewirausahaan: Ekonomi SBMPTN

koperasi

Koperasi, Badan Usaha, Manajemen, Kewirausahaan akan kita bahas dengan cukup detail pada artikel ini. Semoga bermanfaat bagi kalian. 

Koperasi

adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hokum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Fungsinya adalah:

  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
  2. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan masyarakat dan manusia.
  3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya.
  4. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
  • Tingkatan dalam organisasi koperasi, yaitu sebagai berikut.
    1. Koperasi Primer
    2. Koperasi Pusat
    3. Koperasi Gabungan
    4. Koperasi Induk

Ada pula KUD (Koperasi Unit Desa)  yang mana operasionalnya berada di Desa.

Mari kita lanjutkan dengan pengertian Badan Usaha. Merupakan kesatuan yuridis dan ekonomis antara modal dan tenaga kerja yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba dan memberikan layanan kepada banyak orang.

Banyak orang yang menganggap badan usaha sama dengan perusahaan. Padahal, badan usaha dan perusahaan merupakan dua hal yang berbeda. Perusahaan merupakan kesatuan teknis dan tempat dalam proses produksi untuk menghasilkan barang.

Jadi, secara garis besar badan usaha merupakan sebuah lembaga sementara perusahaan merupakan tempat di mana badan usaha tersebut mengelola barang-barang produksinya.

Ciri-ciri badan usaha adalah bersifat abstrak, berbentuk akta, mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan, formal, dan harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Sementara perusahaan bersifat konkret, menghasilkan satu atau banyak produk, dan tidak selalu bersifat formal.

Baca juga :   Cara Membuat Akun LTMPT untuk UTBK - SBMPTN

A. Berdasarkan Lapangan Usaha

1. Ekstraktif – Mengambil langsung dari alam (pertambangan, perikanan, kehutanan).

2. Agraris – Mengolah hasil alam (pertanian, perkebunan, peternakan).

3. Industri – Mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi (industri tekstil, plastik, keramik, kimia, dsb).

4. Dagang – Membeli barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk (minimarket).

5. Jasa – Memperoleh keuntungan melalui jual jasa (perhotelan, pendidikan, bank).

B. Berdasarkan Aspek Yuridis Ekonomis

1. Perusahaan perorangan – Dikelola oleh satu orang saja.

2. Firma (Fa) – Badan usaha yang didirikan dan diberi modal oleh dua orang atau lebih.

3. Persekutuan Komanditer/CV – Badan usaha yang keanggotaannya terdiri dari sekutu aktif dan sekutu pasif.

4. Perseoran Terbatas (PT) – Badan usaha yang modalnya terbagi dalam saham.

5. Koperasi – Pendiriannya diatur dalam Undang-Undang dan pengelolaannya berdasarkan prinsip kekeluargaan.

6. Yayasan – Organisasi yang didirikan berdasarkan akta notaris yang tujuannya untuk mencapai kesejahteraan bukan mencari keuntungan.

C. Berdasarkan Kepemilikian Modal

1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) – Badan usaha berbentuk Perusahaan Umum (Perum) atau Perseroan Terbatas (PT) yang menghasilkan barang dan jasa, bertujuan untuk melayani kebutuhan masyarakat tetapi tetap mencari laba. Kepemilikan BUMN semuanya atau sebagian dimiliki oleh pemerintah.

2. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) – Badan usaha yang menghasilkan barang dan jasa, bertujuan mencari laba.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Koperasi, Badan Usaha, Manajemen, Kewirausahaan: Ekonomi SBMPTN. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. lesprivatsbmptn.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga :   Elastisitas: Ekonomi SBMPTN

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top