Intensif utbk, karantina utbk, les privat utbk, les utbk, bimbel utbk, Intensif snbt, karantina snbt, les privat snbt, les snbt, bimbel snbt, les utbk murah, les intensif utbk, biaya bimbel utbk, biaya karantina utbk, biaya intensif utbk, les utbk terdekat

Kebiasaan Baik untuk Otak dan Mendukung Perkembangan Anak

Halo sahabat SNBT!

Penting untuk mengetahui kebiasaan baik untuk otak yang bisa kamu lakukan setiap hari. Kecerdasan manusia memang sifatnya fleksibel. Kecerdasan ini juga bisa meningkat bila terus dilatih dan juga diasah.

Saat orang tua memberikan motivasi, maka anak bisa lebih mengembangkan potensi atau kemampuan berpikir kritisnya. Dengan membiasakan diri untuk membangun aktivitas yang baik setiap hari, maka bisa membantu anak agar terstimulasi dengan tepat. Sehingga, ketajaman kecerdasan otak dapat meningkat.

baca juga : les cpns jakarta

Kebiasaan baik untuk otak apa saja ya?

 Kebiasaan Baik untuk Otak dan Mendukung Perkembangan Anak

Sumber: Freepik

  1. Menantang diri sendiri

Kamu pasti sudah tahu jika ada beragam jenis permainan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan otak. Berbagai permainan itu seperti sudoku dan tetris. Ada penelitian yang menyatakan jika kecerdasan otak seseorang bisa bertambah bila ia mempelajari hal-hal baru.

Bila kamu telah mengusai beberapa hal, kecerdasan itu akan lebih bertambah lagi lho. Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk menantang diri sendiri untuk melakukan banyak hal baru yang belum kamu kuasai. Sebab, dengan begitu tingkat kecerdasanmu akan meningkat lebih baik.

  1. Membaca

Aktivitas membaca ini mungkin kelihatan membosankan. Tapi, kamu perlu tahu bahwa ada penelitian yang memperlihatkan jika kebiasaan membaca ini bisa meningkatkan perkembangan otak menjadi lebih baik. Tak hanya itu saja, daya imajinasi dan juga kreativitas anak berkembang dengan baik. Saat membaca, kamu akan mendapat banyak kosa kata baru. Selain itu, kamu juga akan mendapat kemampuan untuk memiliki rasa empati, dan mengartikulasi pikiran.

  1. Melakukan pengalaman baru

Salah satu kebiasaan baik untuk otak yaitu merangsang pertumbuhan dopamine yang ada di dalam otak. Dopamine ini sangat diperlukan untuk menunjang semangatmu dan memberikan stimulasi pertumbuhan syaraf baru. Dengan begitu, otak akan makin siap dalam mempelajari hal baru.

Baca juga :   Soal Soal Fisika Beserta Tips Mudah Menjawabnya!

Cobalah untuk mempelajari banyak pengalaman baru yang pastinya menyenangkan dan belum pernah kamu coba sebelumnya. Tak hanya menjadikanmu lebih semangat. Langkah ini juga bisa memperbaiki kecerdasan otakmu lebih efektif lagi.

baca juga : bimbel cpns

Kebiasaan baik untuk otak yang harus dicoba

Kebiasaan Baik untuk Otak dan Mendukung Perkembangan Anak

Sumber: Freepik

  1. Menulis

Kamu mungkin baru tahu jika aktivitas menulis ternyata mempunyai banyak sekali manfaatnya lho. Tak hanya memperkaya kosa kata dan juga kemampuan tatat bahasa. Namun, menulis juga bisa membantu otak agar menyimpan informasi agar lebih efektif. Menulis ternyata terbukti bisa menghilangkan stress lho.

Maka dari itu, biasakanlah untuk mencoba menulis beragam jenis hal yang sudah kamu lalui. Contohnya saja menulis rangkuman saat belajar, menulis beragam hal yang menjadi faktor kamu merasakan stress, dan sebagainya. Saat kamu menulis, maka kamu juga akan mengevaluasi dirimu sendiri. Kamu akan berusaha untuk menemukan beragam jenis solusi atas persoalan yang telah kamu hadapi. Secara tak langsung, saat kamu menulis maka otakmu akan mereview kembali semua hal yang telah kamu pelajari. Hal tersebut tentu akan bermanfaat untuk memperbaiki kemampuan memori dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Berpikir kreatif

Berpikir kreatif menjadi salah satu proses yang mana kamu akan belajar untuk menyelesaikan masalah dengan kreatif dan praktis. Sebuah penelitian bernama rainbow project telah diadakan dengan membuat metode pembelajaran yang kreatif di dalam kelas. Aktivitas ini dilakukan agar bisa mengasah keterampilan siswa untuk mempunyai pemikiran yang kreatif.

Kamu bisa melakukan beberapa metode seperti memberikn keterangan tentang sebuah benda atau bisa juga memecahkan masalah umum yang biasa terjadi. Lewat hasil tes yang sudah terbukti kebenarannya, siswa akan diajarkan memakai metode belajar yang kreatif, lebih unggul serta cerdas dari pada mereka yang memakai metode belajar konvensional.

Baca juga :   Materi yang Sering Keluar dalam SBMPTN

baca juga : bimbel cpns online

Menumbuhkan kebiasaan baik untuk otak

Kebiasaan Baik untuk Otak dan Mendukung Perkembangan Anak

Sumber: Freepik

  1. Merangsang rasa ingin tahu

Untuk bisa menumbuhkan kebiasaan baik untuk otak, cobalah untuk memunculkan rasa ingin tahu. Langkah ini dianggap lebih efektif untuk menstimulus otak agar berpikir. Seperti anak kecil, sebaiknya kita tetap memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang segala hal yang bermanfaat untuk kita. Ada banyak hal yang bisa kamu peroleh dan pelajari guna menambah pengetahuan yang baru.

Rasa ingin tahu yang cukup tinggi tersebut baiknya juga diiringi oleh pencarian jawaban yang tepat. Terlebih di zaman serba canggih sekarang ini. Kamu bisa memperoleh jawaban mengenai suatu peristiwa atau fenomena hanya dengen membuka google yang ada pada gadgetmu.

  1. Istirahat yang cukup

Langkah untuk menjaga kesehatan otak yaitu dengan beristirahat yang cukup. Saat kamu beristirahat, maka otak bisa memperbaiki dirinya sendiri dan juga menguatkan memori. Pastikan pula jika kamu memperoleh tidur yang berkualitas tiap malamnya setidaknya 7-8 jam.

Bukan hanya durasi waktu tidurnya saja ya, melainkan juga kualitas tidur yang harus kamu jaga. Kamu bisa menciptakan suasana atau kondisi yang nyaman di area kasur. Hindarilah hal-hal yang bisa menjadi pengganggumu sebelum tidur.

baca juga : intensif cpns

Kebiasaan baik untuk otak yang harus diperhatikan

Kebiasaan Baik untuk Otak dan Mendukung Perkembangan Anak

Sumber: Freepik

  1. Berolahraga secara rutin

Informasi ini wajib banget kamu pahami, melakukan olahraga secara rutin ternyata memberi dampak yang baik untuk badanmu. Kegiatan olahraga ini juga mempunyai banyak manfaat yang besar lho untuk menjaga kesehatan otak. Kegiatan fisik yang bisa memperbaiki aliran darah ke otak, memperbaiki kognisi, dan menstimulus pertumbuhan sel-sel otak yang baru.

Dengan begitu, mulai saat ini kamu bisa mencoba melakukan aktivitas olahraga yang rutin. Kalau perlu, kamu bisa membuat jadwal rutinitan olahraga secara teratur agar bisa menikmatinya. Bila kamu masih bersekolah, cobalah untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler olahraga yang sesuai dengan minatmu. Misalnya saja mengikuti kegiatan ekskul futsal, voli, basket atau badminton.

  1. Penuhi nutrisi pada tubuh

Untuk bisa menjaga kesehatan otak, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan yang bergizi. Beberapa makanan yang memiliki kandungan penting seperti mineral, vitamin dan asam lemak omega-3 sangat dibutuhkan oleh otak. Selain itu, cobalah untuk mengurangi makanan yang tinggi akan lemak jenuh seperti fast food dan minuman tinggi gula seperti minuman kaleng.

Baca juga :   Selain Excel, Berikut Cara Membuat Diagram di Word!

Saat kamu mengonsumsi makanan yang sehat, tak hanya memberi nutrisi pada otak. Kamu juga akan merasakan tubuhmu makin bugar dan fresh. Salah satu efek yang tubuh rasakan saat mengonsumsi makanan sehat adalah kamu bisa menjalankan aktivitas secara maksimal meski nanti sudah tidak mudah lagi. Kamu juga bisa mencegah pikun sejak sekarang dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan nutrisi.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.lesprivatsbmptn.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Lesprivatsbmptn by Latiseducation

Referensi :

  1. latiseducation.com
  2. detik.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top