Intensif utbk, karantina utbk, les privat utbk, les utbk, bimbel utbk, Intensif snbt, karantina snbt, les privat snbt, les snbt, bimbel snbt, les utbk murah, les intensif utbk, biaya bimbel utbk, biaya karantina utbk, biaya intensif utbk, les utbk terdekat

Emang Bisa Ambil Prodi Lintas jurusan? Mari Kupas Tuntas Lewat Artikel Berikut!

Halo sahabat latis!

Beberapa dari sahabat latis ada yang merasa ingin pindah jurusan? Misalnya di sma ambil jurusan ipa dan saat kuliah ingin ambil lintas jurusan ke rumpun soshum? Hal ini tentu diperbolehkan ya, namun ada beberapa universitas yang tidak mengizinkan lintas jurusan ini.

baca juga : les cpns jakarta

Apa sih lintas jurusan itu?

Emang Bisa Ambil Prodi Lintas jurusan? Mari Kupas Tuntas Lewat Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

Lintas jurusan atau yang lebih terkenal sebagai linjur ini merupakan situasi saat seseorang memilih jurusan yang berbeda dengan jurusan saat masa sma. Bukan hanya beda jurusan, tapi beda rumpun keilmuannya juga ya. Contohnya saja bila kamu seorang siswa di kelas ipa dan ingin saat kuliah nanti mengambil jurusan rumpun soshum seperti hukum, manajemen dan ilmu komunikasi. Kamu bisa lintas jurusan dengan cara mendaftar seleksi terkait jurusan soshum itu.

Jika kamu berpikir bahwa lintas jurusan hanya bisa dilakukan oleh anak-anak ipa saja tentu salah. Nyatanya, beberapa ptn tetap memberikan peluang untuk siswa ips yang berkeinginan untuk mengambil jurusan yang berasal dari rumpun saintek.

Saat pertama kali mendaftar di sma, kamu tentu akan diarahkan untuk mengambil jurusan ips, ipa atau bahasa. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa anak yang kurang suka dengan jurusannya namun harus mengikuti arahan orang tua. Bila seiring berjalannya waktu kamu tetap tidak nyaman berada di sebuah jurusan. Selain itu, kamu mempunyai passion di jurusan yang lain maka ada baiknya mengomunikasikan dengan orang tua. Tentu saja pilihan lintas jurusan ini bisa muncul karena kamu merasa tertarik dengan bidang yang berbeda dengan jurusan saat di sma.

baca juga : bimbel cpns

Apakah bisa lintas jurusan ips ke saintek?

Emang Bisa Ambil Prodi Lintas jurusan? Mari Kupas Tuntas Lewat Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

Baca juga :   Doa Agar Lulus Ujian SBMPTN dalam Ajaran Islam

Beberapa ptn memberikan kesempatan untuk anak ips bisa mengambil jurusan di rumpun saintek. Namun, tentu saja kamu harus mempelajari materi tentang jurusan saintek dari nol ya. Selain itu, untuk siswa jurusan ips mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa lolos utbk yang saingannya siswa dari jurusan ipa.

Jurusan yang diperbolehkan lintas jurusan

Emang Bisa Ambil Prodi Lintas jurusan? Mari Kupas Tuntas Lewat Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

  1. Perencanaan wilayah dan kota

Untuk kamu yang ingin lintas jurusan, tentu jurusan ini memperbolehkanmu untuk melakukannya. Jurusan yang satu ini nantinya akan mempelajari perancangan tata letak wilayah, baik di perkotaan atau daerah. Biasanya kamu mempelajari materi di sekolah dalam maple sosiologi dan geografi.

  1. Ilmu aktuaria

Jurusan yang satu ini memfokuskan diri untuk mencatat dan menghitung resiko dan keuangan di masa depan. Maka dari itu, siswa jurusan ips bisa mengambil jurusan ini sebab sedikit banyak telah mempelajarinya pada mapel akutansi dan ekonomi.

  1. Kartografi

Tentu bagi siswa jurusan ips tidak asing lagi dengan jurusan penginderaan jauh atau kartografi ini. Materi ini ada pada mata pelajaran geografi. Jadi, siswa ips setidaknya sudah mengenal dan mempelajari materi ini. Materi ini dipelajari saat materi sistem informasi geografis.

  1. Animasi

Jurusan yang satu ini tak hanya bisa diambil oleh siswa dari jurusan soshum saja ya. Anggapan itu tentu salah besar, banyak ptn yang memberikan peluang bagi siswa rumpun saintek untuk bisa mendaftar jurusan animasi ini.

Salah satunya adalah universitas negeri padang yang menjadi salah satu pilihan ptn yang menyediakan jurusan d4 animasi yang memakai tipe ujian saintek. Jadi, untuk siswa ipa tak perlu takut karena bisa memilih jurusan animasi ini lewat jalur lintas jurusan ya.

  1. Desain grafis

Selanjutnya, ada juga jurusan bernama desain grafis yang memberikan kesempatan untuk siswa jurusan saintek untuk mengambil jurusan ini. Bila kamu siswa dari jurusan ipa, maka cobalah untuk mengambil kesempatan jalur lintas jurusan. Ptn favorit seperti universitas brawijaya memberikan kesempatan untukmu melakukan lintas jurusan lho.

  1. Psikologi

Jika kamu berpikir bila jurusan ini identik dengan satu rumpun saja, tentu salah. Ada kesempatan yang sama untuk anak jurusan ips dan ipa untuk mengambil jurusan ini. Banyak ptn di indonesia yang memberikan kesempatan itu untuk rumpuk soshum dan juga saintek.

Baca juga :   Pecahan Biasa

Apabila kamu berasal dari rumpun ipa, maka kamu bisa mendaftarkan diri ke psikologi unhas, uns, unpad, unand dan unsri. Sedangkan, bila kamu dari jurusan ips bisa daftar ke uin jakarta, unm, ugm, ui, um, ub dan unair.

baca juga : bimbel cpns online

Kiat-kiat untuk persiapan lintas jurusan

Emang Bisa Ambil Prodi Lintas jurusan? Mari Kupas Tuntas Lewat Artikel Berikut!

Sumber: Freepik

  1. Mencari tahu informasi pendaftaran

Tentu hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mendaftar lintas jurusan, kamu harus mencari tahu ptn mana saja yang membuka kesempatan itu. Sebab, sayangnya tidak semua ptn di indonesia memperbolehkan pesertanya memilih lintas jurusan ya. Kamu bisa mencari tahu melalui website resmi kementerian atau website universitasnya langsung. Sehingga, bila semua peserta ingin memilih jurusan sesuai harapannya, kamu yang berasal dari rumpun bahasa, ipa dan ips memiliki kesempatan yang sama.

Akan tetapi, ada hal yang perlu kamu ingat, apakah jurusan yang kamu inginkan membuka pendaftaran lintas jurusan itu atau tidak. Karena beberapa kampus tidak memberikan kesempatan untuk peserta dari jurusan yang berbeda dari jurusan yang dituju untuk diambil.

  1. Persiapkan diri semaksimal mungkin

Untuk bisa lolos utbk snbt tahun ini, kamu harus bisa menyelesaikan tes yang terdiri atas tes literasi dan tes potensi skolastik. Meski di tahun ini tidak ad ates tka untuk rumpun soshum dan saintek. Akan tetapi, kamu tetap harus berjaga-jaga dan mengoptimalkan diri untuk belajar tes literasi dan tps.

Sebab, bagi kamu yang memilih lintas jurusan akan bersaing dengan peserta yang berasal dari rumpun yang sesuai dengan jurusannya. Tentu persaingan akan lebih ketat bukan. Apalagi, bila kamu mengambil jurusan yang favorit, tentu kamu harus berjuang lebih keras ya.

Baca juga :   Apa Itu Kerja Kelompok? Catat 4 Poin Penting Sebelum Memulainya !

baca juga : intensif cpns

Tes literasi dan tes tps ini dilaukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan logika, kognitif dan pemahaman umum peserta tes. Maka dari itu. Kamu wajib untuk melatih diri menyelesaikan banyak soal yang dibatasi oleh waktu tertentu. Kamu akan lebih terbiasa dalam menghadapi banyak tipe soal.

Mengerjakan latihan soal dengan batasan waktu tertentu. Latihan seperti ini akan

  1. Rutin mengerjakan latihan soal

Salah satu tips sukses utbk snbt tentu rajin berlatih soal. Nah, kamu bisa mencari berbagai tipe soal yang terupdate agar bisa mengerjakan soal yang lebih bervariasi.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.lesprivatsbmptn.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di lesprivatsbmptn.id

 

Referensi :

 

1. latisprivat.com

 

2. supercampalumniui.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top