Cara Daftar SBMPTN Tahun 2021

cara daftar sbmptn

Bagi kalian yang belum lolos SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ada cara lain untuk masuk perguruan tinggi negeri favorit kalian. Caranya adalah melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kalian bisa menyimak informasi cara daftar SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) berikut ini

LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) selaku satu-satunya lembaga yang menyelenggarakan ujian masuk perguruan tinggi negeri telah membuka pendaftaran UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) serta SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) pada hari Senin, 15 Maret 2021 pukul 15:00 WIB sampai 1 April 2021.

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) akan dilaksanakan pada dua gelombang, yaitu pada tanggal 12 April – 18 April 2021 dan 26 April – 2 Mei 2021.

Bagi kalian yang tertarik untuk mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), simak terlebih dahulu cara daftar SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) berikut ini

1. Buat Akun dan Login ke website LTMPT

Cara daftar SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang pertama adalah dengan memiliki akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Bagi kalian yang belum memiliki akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), kalian harus registrasi terlebih dahulu pada tanggal 7 Februari – 12 Maret 2021. Jika sudah memiliki akun, kalian bisa langsung masuk ke dalam portal LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) melalui https://portal.ltmpt.ac.id/

2. Melengkapi Biodata Diri

Setelah memiliki akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), cara daftar SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) berikutnya adalah dengan melengkapi biodata diri kalian. Lengkapi biodata kalian seperti nama, alamat, nomor telepon, data orang tua/wali, apabila kalian memiliki disabilitas, kalian juga menginformasikan di sini. Setelahnya kalian bisa lanjutkan sampai selesai kemudian centang kotak pertanyaannya dan kemudian klik simpan permanen.

3. Memilih Program Studi

Setelah memiliki akun dan melengkapi biodata, sekarang adalah saatnya memilih program studi yang kalian inginkan. Dalam tahapan cara daftar SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ini, bagian ini adalah bagian yang paling penting. 

Kalian bisa memilih dua program studi dari universitas yang kalian inginkan. Jangan lupa juga menentukan prioritas dan cek daya tampung  program studi dari universitas yang kalian pilih.

4. Mengunggah Portofolio

Untuk portofolio, tidak semua program studi mewajibkan hal ini. Kalian bisa langsung melewati tahap ini jika program studi dari universitas yang kalian pilih tidak menggunakan portofolio.

5. Memilih Pusat UTBK

Untuk memilih pusat UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), kalian tinggal klik “Memilih Pusat UTBK” kemudian klik “Pendaftaran UTBK” pilih lokasi kemudian klik “simpan”. 

6. Melihat Nomor Pendaftaran

Setelah memilih lokasi pusat UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), kalian bisa mengakses “Riwayat UTBK” untuk melihat nomor pendaftaran lalu lakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan.

7. Biaya UTBK

Biaya untuk mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) adalah sebesar Rp 200.000,- untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum atau Rp 300.000,- untuk kelompok campuran. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Mandiri, BNI, BTN, atau BRI

8. Konfirmasi Kartu Peserta

Setelah melakukan pembayaran, kalian bisa melakukan konfirmasi kartu peserta dan melihat apakah reformasi sudah sesuai dengan informasi yang kalian berikan. Jika sudah, mencentang “sudah mengisi dengan benar” kemudian kalian bisa klik “simpan permanen”

9. Unduh Kartu Peserta

langkah terakhir dalam cara daftar SBMPTN melalui LPTMP adalah cetak kartu peserta yang telah kalian buat, persiapkan diri kalian sampai tanggal yang telah ditentukan

Itulah urutan cara daftar SBMPTN melalui LPTMP, pastikan kalian mengikuti setiap langkah-langkah yang diberikan dan memberikan informasi sesuai dengan identitas dan keinginan kalian. 

Setelah melakukan pendaftaran, persiapkan diri kalian untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) semaksimal mungkin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 

Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan diumumkan pada tanggal 14 Juni 2021.

Tetap semangat dalam mengejar impian kalian dan semoga kalian bisa memasuki program studi dan universitas impian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top