Persamaan Dasar Akuntansi, Akuntansi Dagang, Akuntansi Jasa: Soshum SBMPTN

Persamaan Dasar Akuntansi meliputi berbagai aspek termasuk dagang dan jasa. Simak rumus dan contoh pengerjaannya pada artikel ini. 

Persamaan Dasar Akuntansi

Adalah perhitungan yang nantinya bisa memproyeksikan kekayaan, hutang, serta modal yang dimiliki perusahaan tersebut.

Sebetulnya rumus persamaan dasar akuntansi tidak terlalu rumit. Rumusnya adalah: Harta (Aktiva) = Utang + Modal (Pasiva) atau Aset = Kewajiban + Ekuitas.

Prosedur akuntansi dari perusahaan dagang dan perusahaan jasa sebenarnya tidak berbeda jauh, seperti penggunaan jurnal hingga akun-akun yang lebih banyak.

a. Akun-Akun Tambahan

Dalam perusahaan dagang, ada beberapa nama akun yang tidak bisa kalian temui di perusahaan jasa. Contohnya pembelian, penjualan, persediaan, HPP, potongan penjualan, potongan pembelian, retur penjualan, retur pembelian dan beban pemasaran. Akun-akun ini muncul karena kegiatan operasional perusahaan dagang berpusat pada proses pembelian dan penjualan barang.

b. Penggunaan Jurnal Khusus

persamaan dasar akuntansi

Perusahaan dagang tidak menggunakan jurnal umum untuk mencatat seluruh transaksi yang terjadi. Mereka akan menggunakan jurnal khusus dan jurnal umum untuk mencatat transaksi.

Jurnal khusus yang digunakan adalah sebagai berikut:

–  Jurnal penjualan untuk mencatat segala transaksi yang terkait penjualan secara kredit

–  Jurnal pembelian untuk mencatat segala transaksi yang terkait pembelian secara kredit

– Jurnal pemasukan kas digunakan untuk mencatat transaksi kas masuk seperti penjualan tunai.

– Jurnal pengeluaran kas akan digunakan mencatat segala transaksi pengeluaran kas secara tunai seperti pembelian persediaan, pembelian perlengkapan dan lain sebagainya.

Lalu apakah akuntansi itu?

Merupakan sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktivitas
ekonomi dan kondisi perusahaan. Dari segi bahasa, istilah accounting berasal dari kata “to account” yang berarti menghitung atau mempertanggungjawabkan. Istilah “account” diterjemahkan ke dalam bahasa
Indonesia menjadi “akun” atau “perkiraan”. Sedangkan ditinjau dari segi rangkaian prosedur, akuntansi didefinisikan sebagai “suatu teknik atau seni (art) untuk mencatat, menggolongkan dan menyimpulkan transaksi-transaksi,atau kejadian-kejadian yang bersifat keuangan, dalam nilai mata uang. Tidak hanya itu, bahkan menganalisis hasil dari teknik tersebut”. Dengan kata lain akuntansi adalah seni pencatatan, pengelompokan dan pengikhtisaran segala transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dan kemudian menafsirkan hasilnya.
Masih banyak lagi berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, namun pada prinsipnya secara umum dalam pengertian yang luas didefinisikan bahwa akuntansi adalah “proses identifikasi, pengukuran, dan komunikasi dari informasi ekonomi untuk dapat menghasilkan pertimbangan dan keputusan bagi pemakai informasi tersebut”.

Baca juga :   Koperasi, Badan Usaha, Manajemen, Kewirausahaan: Ekonomi SBMPTN

Atas dasar konsep definisi tersebut diatas, pengertian akuntansi dapat dilihat
dari 2 (dua) sudut pandang yaitu:

1) Fungsi dan Kegunaan

Akuntansi merupakan aktivitas jasa yang berfungsi memberikan informasi kuantitatif mengenai kesatuan-kesatuan ekonomi terutama yang bersifat keuangan yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan.

2) Proses Kegiatan

Akuntansi adalah seni mencatat, mengklasifikasi dan mengikhtisarkan transaksi-transaksi kejadian yang sekurang-kurangnya atau sebagian bersifat keuangan dengan cara menginterpretasikan hasil-hasilnya.
Poin- poin penting dari definisi akuntansi tersebut pada dasarnya adalah:
a. Kegiatan jasa yang mengidentifikasi, mengukur, dan menginformasikan
kegiatan ekonomi;
b. Entitas tertentu;
c. Menghasilkan sistem informasi (laporan keuangan);
d. Sistem informasi tersebut digunakan para pemangku kepentingan, baik pihak eksternal maupun internal perusahaan;
e. Pengambilan keputusan

Nah, itu dia penjelasan mengenai Persamaan Dasar Akuntansi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. lesprivatsbmptn.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top