Intensif utbk, karantina utbk, les privat utbk, les utbk, bimbel utbk, Intensif snbt, karantina snbt, les privat snbt, les snbt, bimbel snbt, les utbk murah, les intensif utbk, biaya bimbel utbk, biaya karantina utbk, biaya intensif utbk, les utbk terdekat

Gagasan Utama, Kalimat Inti | TPS SBMPTN

gagasan utama kalimat inti

Gagasan Utama, Kalimat Inti | TPS SBMPTN

Pelajari materi tentang Gagasan utama dan kalimat inti materi TPS SBMPTN di sini.

Paragraf

Paragraf adalah bagian wacana yang mengungkapkan satu pikiran yang lengkap atau satu tema yang dalam ragam tulis ditandai oleh barisan pertama yang menjorok ke dalam atau jarak spasi yang lebih; seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik.

Syarat paragraf yang baik:

  • Kesatuan paragraf

Dalam sebuah paragraf hanya terdapat satu pokok pembicaraan. Jadi, paragraf yang baik hanya memuat satu gagasan utama. Tidak boleh ada kalimat yang sumbang dalam sebuah paragraf.

  • Kepaduan paragraf (koherensi)

Yang dimaksud dengan kepaduan adalah hubungan antarkalimat dalam paragraf erat atau tidak renggang. Untuk mendapatkan koherensi, umumnya digunakan beberapa kohesi (kata-kata pengait). Beberapa kata pengait tersebut adalah:

  • Beberapa kata transisi, yakni kata hubung antarkalimat, seperti Jadi, Namun, Akan tetapi, (Oleh) karena itu, Dengan demikian
  • Kata ganti orang

Orang 1: aku, saya kami/kita

Orang 2: kamu, engkau, Anda, kalian

Orang 3: ia, dia mereka, -nya

  • Kata ganti penunjuk ini, itu, tersebut
  • Pengulangan kata kunci
  • Jenis paragraf: Deduktif, Induktif, dan Campuran
  • Unsur paragraf:
  1. Kalimat utama: kalimat yang memuat gagasan utama, berupa pernyataan umum, dan posisinya bisa di awal atau di akhir paragraf (deduktif/induktif).
  2. Kalimat penjelas: kalimat yang memuat gagasan penjelas dan berupa pernyataan-pernyataan khusus.
  3. Gagasan utama: gagasan yang menjiwai seluruh isi paragraf.
  4. Gagasan penjelas: gagasan yang menjelaskan gagasan utama.
  • Cara mencari gagasan utama
  1. Paragraf deduktif-induktif
  2. Paragraf deskriptif-naratif

Contoh Soal

Untuk mengembangkan karangan dengan topik pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah.

Kerangka karangan yang baik adalah…

  1. Pentingnya pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, langkah pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, sasaran pembinaan kopcrasi usaha kecil dan menengah, bentuk pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah.
  2. Pentingnya pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, langkah pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, bentuk pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, sasaran pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah.
  3. Bentuk pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, sasaran pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, pentingnya pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, langkah pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah.
  4. Sasaran pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, pentingnya pembinaan koperasi usaha keeil dan menengah, langkah pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, bentuk pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah.
  5. Pentingnya pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, sasaran pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, bentuk pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah, langkah pembinaan koperasi usaha kecil dan menengah.
Baca juga :   Soal Soal Fisika Beserta Tips Mudah Menjawabnya!

Jawaban: E

Baca juga: Logika matematika TPS SBMPTN

Kalimat Inti

  • Terdiri atas unsur inti kalimat (sekurang-kurangnya ada S dan P)
  • Kalau ada (O), atau (Pel), (O) dan (Pel) tersebut dibawa sebagai inti
  • Ketika ditemukannya dalam bentuk inversi, dikembalikan lagi ke dalam bentuk normal.

Contoh:

Dua tahun lalu di tempat ini pernah terjadi kerusuhan besar yang menggemparkan dunia.

Kalimat intinya: Kerusuhan terjadi.

S             P

→ kalimat inti dari kalimat majemuk:

  • KMS: yang muncul setelah kata hubung diambil sebagai inti
  • KMB: yang muncul setelah kata hubung dicoret saja (tidak diambil sebagai bentuk inti (karena fungsinya sebagai K).

Contoh Soal:

  1. Nelayan menangkap ikan di laut.

Pola kalimat di atas sama dengan pola kalimat berikut, kecuali…

A. Siswa membaca buku di perpustakaan

B. Kami bergembira pada pesta ulang tahunnya

C. Kemarin polisi menangkap pencopet di pasar itu

D. Kami harus mengembalikan buku-buku itu pada tempatnya semula

E. Mereka menonton pesta rakyat di alun-alun

Jawaban:

Kalimat yang polanya berbeda dengan pola kalimat di atas adalah:

B. Kami bergembira pada pesta ulang tahunnya.

S                P                                  K

Baca juga: Analisis tabel, diagram, dan grafik TPS SBMPTN

Nah, itu dia beberapa pemahaman mengenai gagasan utama dan kalimat itni dalam TPS SBMPTN. Agar proses pembelajaran persiapan UTBK dan SBMPTN semakin efektif, mari belajar bersama Les Privat SBMPTN. Disini, para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan guru les privat dan tutor yang mengasyikan, metode pembelajaran yang menyenangkan dan materi yang dikemas dengan seru. Cari tahu lebih lengkap mengenai Latis Education disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top