Apa Itu Potensi Sebab Akibat?

bimbel sbmptn, les sbmptn, bimbel utbk, bimbel utbk terbaik, bimbel terbaik untuk sbmptn

Sahabat Latis, mungkin kita semua pernah mendengar kalimat seperti ini “apa yang kita tanam, itu yang akan kita panen”. Tak asing, bukan? Ya, itu adalah sebuah kutipan yang berhubungan dengan potensi sebab akibat.

Lalu, apa yang dimaksud dengan potensi sebab akibat?

Ini berkaitan dengan setiap tindakan yang kita perbuat, akan ada efeknya di kemudian hari. baik itu perbuatan baik, maupun perbuatan buruk. Tidak hanya itu saja, potensi sebab akibat juga melahirkan penemuan-penemuan seperti apa yang telah dilakukan oleh para penemu.

Untuk lebih jelasnya, ayo kita cari tahu selengkapnya dengan scrolling artikel ini.

Baca juga: Harga Guru Private ke Rumah

Apa Itu Potensi Sebab Akibat?

bimbel sbmptn, les sbmptn, bimbel utbk, bimbel utbk terbaik, bimbel terbaik untuk sbmptn
Sumber : Freepik

Ralph Waldo Emerson merupakan seorang penyair berkebangsaan Amerika mengatakan bahwa potensi sebab dan akibat adalah dua sisi dari sebuah fakta. Penyebab adalah alasan kenapa sesuatu itu bisa terjadi. Sedangkan akibat yaitu apa yang terjadi. Kata-kata ini saling terhubung satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan.

Misalnya saja ketika Sahabat Latis memutuskan untuk liburan selama beberapa hari. Namun, alasan studi membuat kamu harus kembali sesegera mungkin. Akibatnya adalah kamu harus membatalkan liburan.

Contoh tersebut memberi tahu kita bahwa sebab dan akibat menunjukkan hasil yang nyata. Keduanya juga memperlihatkan bagaimana akibat bisa memberikan tindakan lebih atau bagaimana suatu tindakan memiliki lebih dari satu efek.

Urutan sebab dan akibat bisa dibolak-balik seperti:

  • Saya memiliki penglihatan yang lemah karena saya bekerja di malam hari.
  • Saya bekerja di malam hari yang melemahkan pandangan mata saya.

Sebab dan akibat pada kedua kalimat di atas itu sama, namun urutannya yang berbeda. Kalimat-kalimat tersebut menghasilkan arti dan hubungan yang sama. Namun, akan selalu ada urutan yang berbeda untuk setiap kalimat sebab dan akibat.

Baca juga :   Cara Membuat Akun LTMPT untuk UTBK - SBMPTN

Hubungan Antara Sebab dan Akibat

bimbel sbmptn, les sbmptn, bimbel utbk, bimbel utbk terbaik, bimbel terbaik untuk sbmptn
Sumber : Freepik

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa potensi sebab akibat tidak dapat dipisahkan. Beberapa contohnya bisa kita lihat di alam, sains, dan kehidupan sehari-hari.

Kejadian di alam:

  • Air pasang disebabkan oleh gaya gravitasi bulan.
  • Karbondioksida adalah hasil dari proses fotosintesis.

Sains:

  • Isaac Newton mengamati sebuah apel jatuh dari pohon. Hal tersebut mendorong beliau untuk menemukan penyebab dan pengaruhnya sehingga lahirlah pembahasan tentang gravitasi.
  • Pada tahun 2019, seluruh dunia merasakan dampak COVID. Dokter mencari tahu tentang sebab dan akibat infeksi virus tersebut bagi penderitanya.

Kehidupan sehari-hari:

  • Kita mengunjungi dokter ketika jatuh sakit.
  • Kamu mempelajari hal-hal baru untuk meningkatkan keterampilan.

Baca juga: Biaya Les Rumahan

Cara Menganalisis Sebab dan Akibat

bimbel sbmptn, les sbmptn, bimbel utbk, bimbel utbk terbaik, bimbel terbaik untuk sbmptn
Sumber : Freepik

Ketika menghadapi masalah serius, hal terpenting adalah menemukan semua kemungkinan penyebab di baliknya sebelum menyelesaikan masalah itu. Analisis sebab dan akibat akan membantu kamu untuk menemukan solusi.

Teknik analisis sebab dan akibat ditemukan oleh Profesor Kaoru Ishikawa sekitar tahun 1960an. Namun, teknik ini diterbitkan dalam bentuk buku “Introduction of Quality Control” di tahun 1990.

Berikut adalah langkah-langkah dalam menganalisis sebab dan akibat.

Identifikasi masalah

Pertama, catat dengan tepat masalah yang sedang dihadapi, siapa yang terlibat, apa masalahnya, serta lokasi dan waktu.

Sebutkan faktor utama yang terlibat

Selanjutnya, identifikasi faktor-faktor yang termasuk dalam masalah tersebut. Ini bisa berupa sistem, peralatan, bahan, atau orang yang terlibat di dalamnya.

Identifikasi kemungkinan penyebab

Untuk setiap faktor yang ada, pertimbangkan semua kemungkinan penyebab masalah yang terkait dengan faktor tersebut.

Analisa diagram

Setelah menuliskan semuanya, maka kita akan mendapatkan penyebab masalah yang paling masuk akal. Termasuk menyiapkan investigasi dan melakukan survei.

Baca juga :   Cara Daftar SBMPTN Tahun 2021

Baca juga: Jasa Les Privat Terdekat

Semua Tentang Diagram Tulang Ikan

bimbel sbmptn, les sbmptn, bimbel utbk, bimbel utbk terbaik, bimbel terbaik untuk sbmptn
Sumber : Freepik

Setelah membaca tentang potensi sebab dan akibat juga cara menganalisisnya, ada hal lain yang harus Sobat Latis ketahui. Cara menganalisis sebab dan akibat dijelaskan secara lengkap dalam Fish Bone Diagram atau Ishikawa Diagram.

Diagram tersebut membantu kita dalam memaparkan sebab dan akibat dari sebuah peristiwa yang terjadi. Kamu bisa melakukannya dalam dua langkah. Pertama, kenali tentang 6M. Kedua, bertanya menggunakan teknik 5M.

Ayo berbicara tentang 6M.

  • Manpower (tenaga kerja); orang-orang yang menyebabkan masalah. Ini adalah faktor utama dalam 6M.
  • Machine (mesin); terkait sistem, peralatan, fasilitas, dan perlengkapan yang digunakan namun tidak memberikan hasil yang dibutuhkan karena masalah teknis dan pemeliharaan.
  • Method (metode); proses kerja dan proses terkait yang menyebabkan masalah.
  • Material (bahan); komponen yang digunakan untuk memperoleh hasil yang diinginkan tetapi gagal karena salah label atau bahan yang kadaluarsa.
  • Measurement (pengukuran): pemeriksaan pengukuran fisik (jarak, waktu, suhu, dll). Beberapa pengukuran berubah dengan berlalunya waktu dan sulit diterapkan pada kesimpulan yang sama.
  • Mother Nature (lingkungan): Faktor-faktor alam ini tidak dapat diprediksi dan tidak mungkin dikendalikan. Seperti halnya banjir, kebakaran, dan lainnya.

Lalu, bagaimana caranya bertanya dengan teknik 5M? Mari simak contoh berikut ini.

  1. Mengapa kamu kalah? Karena saya malas.
  2. Mengapa kamu malas? Karena saya tidak makan dengan benar.
  3. Mengapa kamu tidak makan dengan benar? Karena saya tidak punya uang.
  4. Mengapa kamu tidak punya uang? Karena saya punya banyak pengeluaran.
  5. Mengapa kamu punya banyak pengeluaran? Karena saya berhutang.

Dengan menerapkan pertanyaan di atas, kamu akan mendapatkan akar dari setiap permasalahan. Ini dinilai ampuh dan pastinya, mereka yang ditanya menggunakan teknik ini akan sulit untuk berbohong.

Baca juga :   Yuk Kenalan dengan Teks Berita

Baca juga: Biaya Les Privat Mengaji

Nah, Sahabat Latis, itulah ulasan tentang Potensi Sebab Akibat. Ulasan di atas merupakan bahasan tentang sebab akibat yang biasa kita temukan dalam masalah sehari-hari. Jika kamu pertanyaan, kamu bisa banget menghubungi Les Privat SBMPTN untuk info lebih lanjut.

Kami siap membantumu untuk mendapatkan tutor yang berpengalaman dan mampu menjawab semua kebutuhan belajar kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu belajar yang fleksibel bahkan belajar secara online di rumah.

Bersama Les Privat SBMPTN by Latis Education, kamu akan bertemu guru yang sangat tepat dan mampu menjawab segala permasalahan dalam belajar.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik lesprivatsbmptn.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Education 😊

Sources:

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://prowritingaid.com/cause-and-effect&ved=2ahUKEwjU-f387O79AhXrT2wGHcQKAWgQFnoECAkQAQ&usg=AOvVaw2GyI4rrY8Ta2IJlWODswUD

https://www.mindtools.com/a25caig/cause-and-effect-analysis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top