Permintaan, Penawaran, Keseimbangan Pasar: Ekonomi SBMPTN

Permintaan, Penawaran, Keseimbangan Pasar akan kita pelajari bersama dalam artikel ini.

Apa Itu Permintaan?

Adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.

Adapun bagian yang melakukan kegiatan ini adalah pembeli. Tentunya mereka yang menjadi pembeli memiliki kemampuan untuk melakukan pembelian.

Rumusnya adalah:

Q = a-Bp

Q = permintaan

a = konstanta

B = kemiringan

P = Harga barang per unit

Contoh soal

Jika harga barang Rp60,00 per unit, maka jumlah Q 20 unit. Dan jika harga barang Rp40,00 per unit, maka jumlah Q 30 unit. Tentukan persamaan fungsi permintaan!

Penyelesaian

Diketahui:

P1 = 60 Q1 = 20

P2 = 40 Q2 = 30

Jangan lupa menggunakan rumus fungsi sebelumnya.


P-P1 = P2-P1

Q – Q1 = Q2-Q1

Silahkan lanjutkan hingga kalian mendapatkan P= 100-2Q

Lalu, sudahkah kalian mengetahui hukum Permintaan?Β yaitu ketika suatu harga barang atau jasa turun, maka jumlah permintaan akan naik. Sebaliknya saat harga barang yang diminta naik, maka permintaan akan turun.

Apa Itu Penawaran?

Permintaan

Berkebalikan dengan sebelumnya, penawaran adalah banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Pelaku penawaran adalah penjual. Jumlah mereka tergantung dari jumlah yang diminta. Sebagaimana hukum penawaran yang berlaku:

Semakin tinggi harga, maka semakin banyak pula jumlah barang yang ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah harga barang, jumlah yang ditawarkan juga akan semakin sedikit.

P = a + bQ

Q = a + bP

– a = konstanta

– b = kemiringan/slope/gradient

– P = harga barang per unit

– Q = jumlah barang yang diminta

Saatnya kalian mencoba menerapkannya pada contoh soal lainnya.

Keseimbangan Pasar

Apa hubungannya keseimbangan pasar dengan dua hal sebelumnya?

Keseimbangan pasar atau harga pasar adalah harga kesepakatan antara pembeli dan penjual yang terbentuk dari hasil tawar menawar. Adanya permintaan dan penawaran membuat pembeli dan penjual melakukan proses tawar menawar untuk mendapatkan harga pasar.

Baca juga :   Hidrokarbon dan Minyak Bumi: Pengertian, Jenis, & Contoh Soal | Kimia 11 SMA

Dalam ekonomi, harga keseimbanganΒ  biasanya terjadi saat pembeli menurunkan harga dan penjual menaikkan harganya. Hal ini terus terjadi hingga akhirnya ada harga yang disepakati.

Rumus keseimbangan pasar adalah:

QD = QS = QE

PD = PS = PE

Keterangan:

D = Demand (permintaan)

S = Supply (penawaran)

P = Price (harga)

Q = Quantity (jumlah/stok)

E = Equilibrium (keseimbangan)

Syarat keseimbangan pasar adalah adanya BARANG yang sesuai dengan yang diminta konsumen. Namun, jika barang disediakan dalam jumlah terlalu banyak di saat minat pembelian menurun demikian sebaliknya, muncullah ketidakseimbangan harga pasar.

Kita perlu menentukan sebuah kebijakan ekonomi sebagai intervensi guna menjaga kestabilan setiap harga. Jadi dalam hal ini tidak akan ada yang dirugikan.

Fungsi Permintaan, Penawaran, dan Keseimbangan Pasar

 

Fungsi permintaan ialah munculnya hubungan antara jumlah barang dan harga yang kerap berbanding terbalik.

Sedangkan fungsi penawaran lebih berfokus pada korelasi persamaan di antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan pihak produsen.

Lalu bagaimana dengan fungsi keseimbangan pasar? Tidak lain menjadi penengah atas adanya yang diminta dan penawaran. Transaksi tidak akan terjadi tanpa keseimbangan.

Nah, itu dia permintaan, penawaran, dan keseimbangan pasar. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. lesprivatsbmptn.id melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

1 thought on “Permintaan, Penawaran, Keseimbangan Pasar: Ekonomi SBMPTN”

  1. Pingback: Elastisitas: Ekonomi SBMPTN - Les Privat SBMPTN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top