5 Kiat Persiapan Masuk PTN lintas jurusan

kiat persiapan masuk ptn lintas jurusan

Mungkin dari sebagian kamu pernah merasakan salah memilih jurusan, hal tersebut adalah hal yang sangat wajar, karena dengan seiringnya waktu kamu akan menemukan minat dan kesukaan kamu dalam bidang yang akan kamu tekuni. Namun yang menjadi pertanyaan apakah bisa untuk seorang yang lintas jurusan bisa daftar jurusan yang lain? 

Tentu jawabannya bisa. Bagi kamu yang berminat untuk pindah  lintas jurusan, kamu berkesempatan pada tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan tinggi Negeri (SBMPTN) nah berikut ini adalah lima kiat persiapan masuk PTN lintas jurusan yang kamu harus lakukan sebagai seorang yang ingin lintas jurusan dan bisa lolos dalam tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan tinggi Negeri (SBMPTN) tersebut.

1. Mencari Tahu Aturan Jurusan

Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa kemungkinan kecil untuk lolos, namun kamu boleh mendaftar lintas jurusan ini di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi  SNMPTN, namun alangkah baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu apakah jurusan yang kamu tuju bisa menerima pendaftaran lintas jurusan atau tidak.

2. Fokus Membaca Rangkuman Materi 

Kamu harus Memahami materi pelajaran ipa dan ips yang mungkin tidak pernah kamu dapatkan di bangku SMA memang awalnya akan terasa sulit. Akan tetapi, kamu bisa memulainya sendiri dan mempelajari rangkuman materi . Perlu diingat, kamu harus memahami konsep dari materinya, bukan cuma hanya menghafal.

3. Rajin Mengerjakan Latihan Soal

Selepas memahami serta mempelajari rangkuman materi, maka kamu bisa mulai mengerjakan latihan soal. Namun,bukan hanya bisa memulai namun kamu harus bisa konsisten mengerjakannya hingga selesai! Semakin sering kamu mengulang latihan soal, maka kamu nantinya akan semakin terbiasa pada konsep dan pola pertanyaan yang digunakan pada tes UTBK SBMPTN.

4. Fokus dan Tetap Persiapkan Diri untuk Tes Potensi Skolastik

Perlu kamu ketahui bahwa Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Bersama Masuk Perguruan tinggi negeri (UTBK-SBMPTN) terdiri dari dua tes yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu, yaitu Tes Potensi Akademik dan Tes Potensi Skolastik. Meskipun banyak sebagian orang yang mengejar tes untuk menghadapi TKA, lantas kamu tak boleh melupakan persiapan untuk mengerjakan TPS.

5. Tidak Mudah Patah Semangat dan Pesimis

Dalam Proses belajar, kamu dituntut tidak boleh mudah menyerah dan selalu berpikir pesimis untuk melakukan sesuatu. Kalau kamu memang serius untuk mendapatkan jurusan yang kamu dambakan, walaupun harus menguasai dengan singkat materi pelajaran selama di SMA, maka kamu harus berusaha keras dan tetap semangat. Dan jangan lupa untuk menyerahkan segala sesuatu pada tuhan dan jangan lupa untuk selalu berdoa.

Penjelasan mengenai 5 Kiat persiapan masuk PTN lintas jurusan ini bisa kamu jadikan referensi dalam menentukan jurusan yang kamu tuju, tetap cari informasi tentang lintas jurusan dan jangan lupa selalu menghargai apapun itu keputusannya.

Selain itu, kamu juga dapat mengandalkan bimbel SBMPTN dari Latis Education untuk membantumu meraih perguruan tinggi favorit kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top