Doa Agar Lulus Ujian SBMPTN dalam Ajaran Islam

doa agar lulus sbmptn

Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) memang salah satu jalur yang bergengsi dan  banyak diperebutkan oleh calon mahasiswa dari seluruh indonesia, biasanya pendaftaran SBMPTN dibuka setelah pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) selesai.

Ada beberapa hal yang biasa dilakukan sebagai umat muslim beragama sebelum memulai sesuatu, salah satunya ,memanjatkan doa kepada sang pencipta agar diberi kekuatan, kemudahan di setiap aktivitas yang kita lakukan terlebih saat ingin melakukan Ujian SBMPTN ini.

Dikutip dari laman website Nu Online, persiapan untuk melakukan dan menjawab soal ujian akhir hendaknya dipersiapkan sejak masuk sekolah beberapa tahun sebelumnya, berikut beberapa doa agar lulus SBMPTN yang dipercaya bisa memudahkan kita dalam mengerjakan tes SBMPTN

Doa Lulus ujian dan artinya :

1. Dalam hal meminta kemudahan kepada Allah SWT sebelum menjawab soal ujian, berikut doa yang bisa dibaca:

 رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ 

Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir 

Artinya: “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah (aku). Jangan Kau Persulit,” (Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

Doa ini dapat dibaca dan diamalkan sebelum membaca soal ujian maupun saat sedang mengerjakan ujian fadhilahnya dapat membuat kita yakin dalam mengerjakan soal ujian.

2. Mengenai doa agar dimudahkan dalam segala urusan, termasuk menghadapi ujian. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً 

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa 

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah. (HR. Ibnu Hibban dari Anas bin Malik).

3. Sementara untuk doa agar agar dapat menghafal dan memahami pelajaran serta diberikan kemudahan oleh Allah SWT, doa yang bisa dibaca adalah sebagai berikut: 

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

Allāhummarzuqniyal fahma, wal ‘ilma, walhikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, yā arhamar rāhimīn. Artinya: “Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih”.

Tips Agar Lulus Ujian SBMPTN

Selain Doa-doa diatas ada beberapa tips juga yang perlu diketahui khususnya bagi calon mahasiswa yang ingin melaksanakan kegiatan tes SBMPTN ini agar dapat menyelesaikan soal dengan tepat waktu dan tidak terburu-buru.

1. Lakukan Skimming Pada Soal

Maksud dari Skimming disini kamu harus mencari soal yang mudah terlebih dahulu dibanding soal yang sulit. Triknya kamu harus membaca secara keseluruhan soal yang telah diberikan 

2. Beri Batas Waktu Pemecahan Masalah

Dalam waktu ujian SBMPTN, ingat kamu hanya diberi waktu selama 120 menit. Atau dikalkulasikan kamu hanya punya 1 menit 30 detik dalam mengerjakan setiap soalnya. Jangan sampai kamu hanya membuang-membuang waktu terhadap soal yang tidak kamu kuasai

3. Jangan Tertipu dengan soal yang terlihat mudah

Soal TPS tidak pernah menipu, yang ada kamu menipu diri sendiri dengan berasumsi bahwa soal itu sudah terpecahkan. Perhatikan kembali pola soal yang ingin kamu kerjakan dan jangan sampai terkecoh yang dapat merugikan diri kamu sendiri.

4. Beri jeda waktu pengerjaan soal 

Merasakan stres dan tertekan saat berada di tengah ujian bukanlah hal yang langka bagi peserta SBMPTN. Untuk situasi seperti inilah kamu perlu membatasi waktu pengerjaan soal.kamu hanya perlu mengambil jeda dan mulai memikirkan kembali mengenai soal tersebut

5. Gunakan Intuisi yang Telah Kamu Latih Bertahun-tahun 

Bila kamu benar-benar pada kondisi tidak bisa menemukan jawaban yang pasti, jangan menyerah. Paksa intuisi untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Mengambil keputusan berdasarkan intuisi bukanlah ngawur atau menerima fakta bahwa kamu menyerah.

Menggunakan intuisi tidak sama seperti melempar dadu. Keberhasilan intuitif adalah bukti nyata bahwa kamu sudah belajar banyak. Serahkan semua pada memori bawah sadar, disanalah tempat 90% memori manusia.

Nah itulah beberapa pembahasan penting terkait doa agar lulus ujian SBMPTN, tentunya kamu juga harus belajar lebih giat untuk bisa mendapatkan kampus impian kamu dan orang tuamu, kamu juga dapat mempersiapkan diri bersama bimbel SBMPTN dari Latis Education yang siap membantu kamu agar kamu masuk universitas yang kamu inginkan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top