Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN

Lokasi SBMPTN

Cara menghitung Passing Grade SBMPTN tentunya perlu diketahui nih, supaya kalian bisa mengukur seberapa banyak poin yang harus kalian isi dalam melakukan tes seleksi.

Passing grade juga merupakan bagian dari strategi dalam menghadapi ujian seleksi SBMPTN agar bisa bersaing, karena informasi ini juga sudah banyak di ketahui oleh siswa yang ingin mengikuti ujian seleksi SBMPTN apalagi mereka yang mengikuti bimbel.

Namun belum banyak siswa yang tau bagaimana cara menghitung passing grade SBMPTN, maka dari itu kita bahas bagai mana cara menghitung pasung grade SBMPTN.

Secara pengertian, passing grade SBMPTN adalah nilai minimum yang harus di raih dalam dalam UTBK untuk bisa lolos dalam PTN.

SBMPTN sendiri juga merupakan salah satu pilihan seleksi yang dapat kita ikuti dengan kesempatan yang sama karena semua bisa di perjuangkan tergantung dari hasil tes yang kita dapatakan.

Jadi persiapan saat mengikuti ujian seleksi SBMPTN sendiri haruslah matang, apalagi SBMPTN hanya memberikan kalian kesempatan tiga tahun untuk bertarung dan masuk ke PTN pilihan anda.

SBMPTN ini memiliki keunggulan di bandingkan dengan mengikuti tes seleksi ujian mandiri, karena kalian bisa membayar sesuai pendapatan orang tua yang bisa kalian isi saat mendaftar SBMPTN.

Maka dari itu menghitung passing grade adalah salah satu persiapan kalian untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Yang perlu di ketahui bahwa passing grade SBMPTN ini hanya sebagai acuan untuk kamu berlatih mengisi soal dan belum secara keseluruhan akurat, maka kamu sebaiknya berlatih secara berkala agar kamu mampu melewati passing grade SBMPTN yang maksimal.

Baca juga : Ingin tembus SBMPTN? 6 Cara ini Dijamin Ampuh

Cara Menghitung Passing Grade

 

Baca juga :   Contoh Soal Polinomial
Cara menghitung SBMPTN

 

Rumus Passing Grade = (B x 4 – S x 1) x 100% / JS x 4

Keterangan:

= Jumlah soal benar

S = Jumlah soal salah

JS = Jumlah soal keseluruhan

Contohnya:

Kamu mengerjakan 120 soal SBMPTN secara keseluruhan. Dalam Tes Potensi Skolastik (TPS), kamu menjawab 25 soal benar, 15 soal salah, dan tidak diisi 20 soal. Pada soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek, kamu menjawab 40 soal benar, 10 soal salah, dan tidak diisi 10 soal.

Jawab:

B = 25 + 40 = 65

S = 15 + 10 = 35

JS = 120

Soal yang tidak diisi = tidak memiliki nilai

PG = (65 x 4 – 25 x 1) x 100% / 120 x 4

1 thought on “Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN”

  1. Pingback: 5 Persiapan penting Sebelum UTBK-SBMPTN 2022 | Latis Supercamp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top
Scroll to Top