6 Cara Belajar SBMPTN Tanpa Bimbel, Simak Yuk

cara belajar sbmptn tanpa bimbel

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi Negeri dengan cara seleksi nasional. SBMPTN menggunakan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sebagai kriteria penilaian.

LTMPT menjadi satu-satunya lembaga penyelenggara SBMPTN maupun UTBK. Kamu bisa mendapatkan informasi terbaru seputar pendaftaran SBMPTN melalui portal LTMPT. Sejauh ini, LTMPT menetapkan keikutsertaan UTBK sebagai syarat utama mengikuti SBMPTN. Jadi, kamu harus menghadapi UTBK terlebih dahulu. Barulah skor hasil ujian tersebut digunakan untuk proses seleksi SBMPTN.

Berikut beberapa cara belajar SBMPTN tanpa bimbel, simak yuk agar bisa menambah wawasan kamu .

1. Pelajari Soal SBMPTN yang Lalu

Langkah Pertama yang harus kamu lakukan yaitu mereview soal-soal terdahulu. Alasan harus mengulang karena biasanya soal-soal SBMPTN selalu sama di setiap tahunnya. Maka dari itu kama dapat mengukur tingkat pemahaman kamu terhadap soal-soal SBMPTN. Untuk menemukan soal-soal tersebut kamu bisa mencarinya dari buku bank nasional, menggunakan website pendidikan untuk mulai latihan soal.

2. Fokus Belajar dan Buat Target

Ada peribahasa mengatakan barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti ia mendapatkan apa yang ia kejar. Itulah hal yang harus kita tanamkan dalam segala aktivitas kita terlebih halnya dalam mempersiapkan untuk mengikuti tes SBMPTN.

Idealnya, persiapan mengikuti SBMPTN tanpa bimbel itu membutuhkan waktu 6 bulan, jadi mustahil jika kamu baru belajar 1 minggu tapi berharap masuk lolos tesnya, biasakan harus berpikir realistis agar kamu mau berusaha lebih keras untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Bahkan Banyak peserta SBMPTN yang tidak berhasil sebab persiapan kurang matang. Tentu hal tersebut akibat melakukan kegiatan  yang tidak perlu, termasuk nonton film,berselancar di media sosial, atau jalan-jalan. Sebaiknya, Gunakan waktumu untuk belajar.

3. Jangan Hafalan, Biasakan untuk memahami konsepnya

Banyak yang punya pengetahuan tinggi tapi malah justru gagal dan tidak lulus tes. Kenapa itu bisa terjadi? Karena rata-rata mereka menggunakan konsep hafalan dalam belajar, padahal yang perlu adalah memahami kondisi objek yang akan kita kerjakan.SBMPTN merupakan ujian yang dituntut untuk selalu berfikir kritis.

Artinya mengandalkan hafalan saja tidak berguna dalam menerapkan dan mengerjakan soal SBMPTN, Metode belajar perlu kamu ubah jika selama ini kamu mengandalkan kemampuan hafalan materi saja.

4. Latihan Soal SBMPTN

Cara selanjutnya kamu bisa melakukan latihan soal SBMPTN secara mandiri, biasanya kamu biasanya kamu bisa mendapatkan soal tersebut dari bank soal atau website-website pendidikan. Dengan kita giat berlatih mengerjakan soal, maka kita akan hafal berbagai macam jenis soal yang akan kita kerjakan nanti. Karena biasanya soal SBMPTN setiap tahunnya hampir sama hanya ada beberapa angka atau cara saja yang dimodifikasi

5. Mengikuti Try Out

Cara ini juga wajib banget kamu coba, untuk mengikuti kegiatan try out ini kamu bebas untuk memilih untuk melakukannya individu atau atau try out dengan lembaga kursus. Alasan untuk mengikuti kegiatan try out ini untuk mengukur sejauh mana kapasitas kita dalam mengerjakan soal SBMPTN.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen mengikuti try out ini untuk menguji kesiapan mental dan fisik, karena ujian try out sama persis kondisinya ketika melakukan tes ujian SBMPTN

6. Evaluasi

Nah yang terakhir yaitu lakukanlah evaluasi. Walaupun kamu sudah belajar cukup maksimal namun jangan lupakan evaluasi agar kamu tidak selalu merasa puas atas hasil yang telah kamu dapat pada sesi mengerjakan soal. Apalagi jika kamu mengikuti ujian SBMPTN tanpa bimbel. Lakukanlah evaluasi terhadap soal yang menurut kamu lemah dalam pengerjaannya.

Jangan malas untuk selalu mereview soal yang mungkin kamu anggap sulit untuk dipahami, sampai kamu merasa yakin dan menguasai materi soal tersebut. Intinya kamu harus selalu mengevaluasi agar tidak puas berbangga diri.

Nah itulah 6 cara belajar sbmptn tanpa bimbel, mungkin kamu beranggapan bahwa tanpa bimbel susah untuk mendapatkan SBMPTN. Eitss namun jangan salah. Keberuntungan akan menghampiri orang-orang yang mau bekerja keras.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Les Privat SBMPTN.id ada disini untuk membantu Anda. Konsultasikan kebutuhan Les SBMPTN Anda kepada tim kami.
Scroll to Top